14 October 2018

Ini Manfaat Berkumur Bagi Kesehatan

Ini Manfaat Berkumur Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan gigi dan mulut tentu menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan mulut menjadi 'gerbang' masuknya makanan sampai bakteri ke dalam tubuh. Kebanyakan orang tahu jika cara membersihkan area rongga dalam mulut hanya dengan menyikat gigi saja minimal dua kali sehari. Padahal, berkumur dengan benar juga perlu dilakukan.

Manfaat Berkumur untuk Kesehatan

Berkumur bukan hanya aktivitas membersihkan rongga mulut biasa. Bila dilakukan secara rutin dan benar, berkumur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Berkumur setidaknya dua kali dalam sehari dan setiap berkumur dilakukan selama 30 detik bisa membantu napas menjadi lebih segar dan membuat mulut kamu lebih bersih. Salah satu manfaat berkumur bisa membantu melawan bakteri pada seluruh area mulut. Bila membiarkan bakteri terus bersarang di dalam mulut, bakteri-bakteri tersebut bisa menimbulkan masalah, seperti nafas tak sedap, penumpukan plak, radang gusi (gingivitis), gigi menjadi rusak, dan masalah lainnya.

Jika kuman bisa berada dalam mulut sepanjang hari dan setiap hari, satu kali aktivitas berkumur biasanya hanya mampu melindungi gigi dan mulut selama 12 jam. Saat kamu berkumur-kumur, sisa-sisa makanan dan kuman-kuman yang ada dalam mulut akan keluar. Hal ini bisa membantu mencegah infeksi gigi, infeksi mulut, dan penularan penyakit. Selain itu, manfaat berkumur juga bisa membantu menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya.

Cara Berkumur yang Baik dan Benar

Saat berkumur, suhu air perlu juga diperhatikan karena berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Disarankan untuk berkumur menggunakan air hangat bagi kamu yang memiliki gigi sensitif. Pemilik gigi sensitif akan merasakan ngilu dan menimbulkan ketidaknyamanan bila berkumur menggunakan air dingin. Tapi, bila tidak mengalami gigi sensitif, kamu bisa menggunakan air dengan suhu normal yang mampu memberi efek segar dan rasa bersih. Berkumur sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan air putih, air garam, atau bahkan obat kumur yang bisa kamu peroleh di pasaran.

Di dalam obat kumur, biasanya ada berbagai kandungan zat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan-kandungan tersebut antara lain sebagai berikut:

 

  • Antimikroba. Kandungan ini bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut, plak, radang gusi, hingga sakit gusi.
  • Fluoride. Kandungan ini bisa membantu mengurangi kerusakan gigi dan mencegah gigi berlubang.
  • Pemutih. Kandungan ini membantu melawan noda yang menempel pada gigi.
  • Penetral bau. Kandungan ini mampu menghilangkan penyebab bau mulut.

 

 

Seperti yang dijelaskan di atas, biasakan berkumur setidaknya dua kali sehari, masing-masing selama 30 detik agar kamu bisa merasakan manfaat berkumur dengan maksimal. Jika kamu menyikat gigi dan berkumur dengan benar, kamu tidak perlu khawatir gigi akan mengalami masalah seperti diserang bakteri dan menyebabkan lubang atau karang gigi.

Kalau kamu punya keluhan pada gigi dan mulut, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Video/ Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Baca juga: