27 November 2017

Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

Halodoc, Jakarta – Melihat tumbuh kembang anak sehari-hari tentu menjadi kesenangan sendiri bagi orang tua. Apalagi ketika gigi pertama Si Kecil mulai muncul. Gigi pertama ini, disebut juga gigi susu membuka jalan bagi 20 gigi lainnya. Uniknya, gigi-gigi mungil ini akan bertahan selama 5 tahun ke depan, lho. Jadi, seperti apa sih perkembangan gigi anak yang tumbuh sesuai usianya? Yuk, cari tahu berikut ini:

1. Usia 0-6 bulan
Sebenarnya, pertumbuhan gigi pada bayi sudah dimulai sejak masih di dalam kandungan dan terbentuk ketika usianya masuk enam minggu. Kemudian, ketika usia kandungan masuk 3-4 bulan, akan terbentuk jaringan sebagai cikal bakal gigi yang tumbuh. Gigi ini akan baru akan terlihat nyata ketika ia lahir dan masuk usia 4-7 bulan.

2. Usia 6 Bulan
Setelah “bersembunyi”, gigi Si Kecil akan mulai muncul di usia 3 bulan. Namun, umumnya gigi ini baru akan muncul ketika ia masuk usia 6 bulan. Gigi Si Kecil ini unik, karena biasanya tumbuh secara berpasangan. Mulai dari gigi seri bawah dan atas tengah hingga mencapai 4 buah biji. Lalu saat usianya masuk 12 bulan, giginya akan bertambah menjadi 8 buah gigi.

Jika ternyata Buah Hati ibu mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi, tidak perlu khawatir. Ada pula bayi yang baru menunjukkan pertumbuhan gigi ketika usianya masuk 9 bulan bahkan lebih. Perkembangan pertumbuhan gigi itu dipengaruhi oleh asupan gizi seperti kalsium yang cukup ketika hamil.

3. Usia 12-16 Bulan
Pada usia 16 bulan, pertumbuhan giginya berjalan baik maka ia sudah akan memiliki 12 gigi yang terdiri dari delapan gigi seri dan geraham bawah 4 buah. Umumnya, pada fase pertumbuhan gigi ini, ia akan menjadi lebih rewel. Pasalnya, ada rasa nyeri di gusi sehingga mengganggu kenyamanannya. Pada beberapa kasus bahkan ia kehilangan nafsu makan sehingga pencernaannya pun terganggu.

4. Usia 16-24 Bulan
Pada usia ini, gigi taring si kecil pun mulai tumbuh. Jika awalnya berjumlah 12, maka kini giginya akan berjumlah 16 gigi. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak makanan, sedangkan gigi geraham kecil berguna untuk melumatkan makanan.

5. Usia 2-4 Tahun
Pada usia ini, ibu boleh bangga karena gigi susu Si Kecil yang biasanya berjumlah 20 gigi sudah tumbuh lengkap. 10 di atas dan 10 di bawah, jadi butuh perawatan sama halnya seperti gigi orang dewasa. Biasakan Si Kecil untuk rutin menggosok gigi, dua kali sehari dan sebelum tidur. Ini untuk menghindari masalah gigi yang mungkin muncul di kemudian hari. Pemeriksaan ke dokter gigi pun dibutuhkan setidaknya enam bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulutnya selalu terjaga.

Jika ibu membutuhkan saran kesehatan dari dokter mengenai kondisi kesehatan gigi Si Kecil, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa bicara dengan dokter meski tidak datang langsung ke rumah sakit. Dengan menghubungi dokter Halodoc ibu bisa mendapatkan rekomendasi sebelum ke rumah sakit. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen dengan Halodoc. Pesanan ibu akan siap diantar ke tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.