Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari Patah Kaki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari Patah Kaki

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis patah tulang yang bisa menyerang adalah patah tulang kaki. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cedera patah tulang kaki, mulai dari kecelakaan, olahraga, hingga cedera lain.

Patah tulang kaki bisa mengganggu aktivitas harian, karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih. Sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan patah tulang kaki?

Cedera patah tulang kaki bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan untuk kembali sembuh. Itu tergantung pada berbagai faktor, mulai dari lokasi patah tulang, bentuk patahan, usia, serta tingkat keparahan dan kerusakan apa saja yang terjadi. Proses penyembuhan harus terlebih dahulu dilalui sebelumnya seseorang bisa kembali beraktivitas dan berjalan dengan normal.

Baca juga: Ini Cara Tepat Penanganan Patah Pergelangan Kaki

Pengidap patah tulang kaki dinyatakan sembuh jika bagian yang mengalami patah sudah kembali menyambung atau garis-garis patah telah hilang. Patah tulang kaki yang terjadi pada anak-anak dan remaja umumnya bisa sembuh lebih cepat dibanding orang dewasa.

Pada anak-anak, cedera patah tulang bisa pulih dalam waktu empat bulan setelah pengobatan. Sedangkan patah tulang kaki pada orang dewasa, mungkin membutuhkan waktu hingga enam bulan untuk sembuh.

Selain faktor usia, lama proses penyembuhan patah tulang kaki juga tergantung pada lokasi patah tulang. Biasanya, patah tulang kaki yang membutuhkan waktu paling lama untuk sembuh adalah patah tulang pada paha alias femur. Lama atau tidaknya proses penyembuhan juga dipengaruhi oleh jenis patah tulang yang terjadi.

Patah tulang terbuka biasanya membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama karena berisiko mengakibatkan infeksi. Sedangkan patah tulang tertutup, misalnya tulang bergeser atau retak, bisa sembuh dalam waktu sekitar empat bulan.

Waktu yang Dibutuhkan Hingga Kaki Bisa Digunakan secara Normal

Saat mengalami patah tulang, seseorang mungkin harus menjalani operasi sebagai bentuk pertolongan dan pengobatan. Biasanya, waktu untuk pulih dari kondisi ini dihitung setelah operasi patah tulang selesai dilakukan. Untuk mendapatkan kepastian berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai kaki bisa kembali digunakan, pastikan untuk diskusi langsung ke dokter spesialis yang menangani patah tulang.

Patah tulang kaki mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan, untuk kembali pulih. Namun sebenarnya, kamu sudah bisa berjalan setelah dua minggu pascaoperasi, yaitu dengan bantuan tongkat penyangga. Selain sebagai alat bantu, penggunaan tongkat juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kaki agar bisa segera digunakan setelah cedera patah tulang sembuh total.

Baca juga: Bisakah Penanganan Patah Tulang Selangka Tanpa Operasi?

Meski begitu, sebaiknya hindari memaksakan diri meskipun sudah menggunakan tongkat sebagai alat bantu. Selama patah tulang kaki masih terjadi, kamu tidak diperbolehkan menapakkan kaki yang sakit. Artinya, saat berjalan kamu harus mengangkat sedikit kaki, agar bagian tersebut tidak terlalu terbebani dan proses penyembuhan bisa terjadi lebih cepat.

Pada bulan keempat atau kelima, kamu mungkin sudah boleh berjalan pelan tanpa menggunakan penyangga. Namun perlu diingat, jangan pernah memaksakan diri atau melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Pada beberapa kasus, patah tulang kaki mungkin membutuhkan waktu hingga satu tahun sampai bisa sembuh total dan bisa berjalan seperti biasa.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Fraktur Tulang

Cari tahu lebih lanjut seputar patah tulang kaki dan waktu penyembuhan yang dibutuhkan dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!