23 November 2017

Ini yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan

Ini yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan

Halodoc, Jakarta – Setelah menjalani kehamilan selama hampir sembilan bulan, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu sebentar lagi tiba. Ibu akan segera melahirkan sang buah hati ke dunia. Agar ibu tenang dan dapat fokus melahirkan pada hari H-nya nanti, ibu bisa mulai mempersiapkan dan melakukan hal-hal berikut dari sekarang.

Ada banyak hal yang perlu ibu persiapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati tercinta. Mulai dari rumah sakit, barang-barang pribadi, perlengkapan bayi, sampai barang-barang yang dibutuhkan suami.

  • Bicarakan Persalinan dengan Dokter Kandungan

Sejak memasukki trimester ketiga, ibu sudah bisa membicarakan tentang persalinan nanti kepada dokter kandungan ibu. Diskusikan jenis persalinan apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Jika ibu sudah menentukan jenis persalinan yang akan dijalankan, ibu bisa menanyakan sebanyak mungkin informasi beserta risiko dari jenis persalinan tersebut. Menjelang due date, ibu tetap perlu memeriksakan kandungan secara teratur, serta tanyakan kepada dokter tentang perkiraan hari melahirkan dan apa saja yang harus dipersiapkan.

  • Daftarkan Persalinan Ke Rumah Sakit

Agar ibu tidak perlu repot-repot lagi mengisi formulir dan melakukan sejumlah prosedur panjang pada saat hari persalinan nanti, daftarkan persalinan ibu jauh-jauh hari sebelumnya. Tanyakan kepada pihak rumah sakit tentang fasilitas apa saja yang akan disediakan nanti, agar ibu dapat mengurangi barang-barang bawaan yang tidak perlu.

  • Ikuti Kelas Persiapan Melahirkan

Ibu dan pasangan dapat mengikuti kelas persiapan melahirkan untuk mendapatkan banyak informasi dan membantu ibu mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Di kelas ini, ibu bisa belajar melatih teknik bernapas untuk ibu yang memilih persalinan normal, teknik untuk mengurangi rasa sakit ketika bersalin, dan lain-lain. Selain itu, ibu juga bisa berdiskusi dan saling berbagi informasi dengan ibu-ibu hamil lainnya. Pilihlah kelas persiapan melahirkan yang dipimpin oleh instruktur bersertifikat. 

  • Persiapkan Barang Kebutuhan Melahirkan

Mulai siapkan barang-barang yang ibu perlukan untuk hari persalinan nanti beberapa minggu sebelumnya:

- Identitas diri (KTP), kartu asuransi atau BPJS, formulir rumah sakit, data-data kondisi kehamilan ibu, dan lain-lain.
- Baju ganti dan pakaian dalam.
- Peralatan mandi.
- Ikat atau jepit rambut.
- Barang-barang yang dapat menenangkan ibu jelang persalinan, seperti buku atau majalah.

Sedangkan barang-barang yang ibu butuhkan setelah melahirkan adalah:

- Bra khusus menyusui. Jenis bra ini dapat memudahkan ibu ketika ingin menyusui bayi. Bra ini dirancang dengan flap pada cup yang mudah untuk dibuka.
- Pembalut khusus yang dapat menampung banyak darah. Ibu dapat menyiapkan beberapa bungkus, karena ibu perlu mengganti pembalut setidaknya 1-2 jam sekali agar tetap nyaman dan bersih.
- Perut ibu yang membesar selama kehamilan, akan menjadi bergelambir setelah melahirkan nanti. Jadi, untuk mengencangkan perut dan menyangga perut agar tidak sakit saat berjalan, ibu bisa menggunakan korset.
- Pompa ASI. Untuk berjaga-jaga jika hari kedua, ASI masih belum bisa keluar. Ibu membutuhkan pompa           ASI agar payudara lebih aktif memproduksi ASI.

  • Persiapkan Barang Kebutuhan Bayi

Ibu juga perlu menyiapkan barang-barang keperluan untuk bayi yang lahir nanti:

- Baju bayi, popok, selimut, sarung tangan, dan kaus kaki.
- Keranjang bayi

Menjelang hari persalinan yang kian mendekat, ibu disarankan untuk melakukan perawatan yang dapat memanjakan diri, seperti creambath, manicure, pedicure, dan spa. Tidak hanya untuk kecantikan, perawatan tersebut bermanfaat untuk membuat ibu rileks dan tidak tegang menghadapi hari persalinan. Ibu hamil bisa membicarakan tentang kondisi kesehatannya kepada dokter, tanpa perlu keluar rumah, melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.