06 August 2018

Ini yang Terjadi Bila Makan Udang Sambil Minum Es Jeruk

efek makan udang sambil minum es jeruk

Halodoc, Jakarta – Makan udang asam manis atau udang saus padang yang pedas memang lebih mantap bila ditemani dengan minuman es jeruk yang dingin. Namun, katanya makan udang sambil minum es jeruk bisa berbahaya bagi kesehatan, lho. Benarkah demikian?

Salah satu isu yang sudah beredar cukup lama adalah mengonsumsi udang bersamaan dengan jus jeruk bisa menyebabkan kematian. Hal ini karena vitamin C dalam jus jeruk bisa memicu reaksi senyawa arsenik yang menjadi racun yang mematikan. Isu ini akhirnya  sempat membuat banyak orang jadi sangat berhati-hati ketika sedang mengonsumsi seafood.

Namun, sekarang kamu enggak perlu khawatir lagi karena isu tersebut ternyata hanyalah mitos belaka. Mengonsumsi udang dengan es jeruk secara bersamaan tidak akan menyebabkan kematian akibat keracunan arsenik. Memang makanan laut seperti udang dan kepiting mengandung senyawa arsenik. Namun, menurut publikasi ilmiah Clinical Chemistry, kadar arsenik dalam udang tidak banyak dan bisa langsung dikeluarkan dari tubuh melalui urine, sehingga tidak berbahaya.

Baca juga: Hati-hati, Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Berbahaya

Arsenik sendiri merupakan unsur kimia yang tidak berwarna dan berbau yang ada di dalam makanan sehari-hari. Selain itu, tidak semua arsenik adalah racun. Ada dua jenis arsenik, yaitu arsenik organik dan anorganik. Sayur-sayuran, makanan laut dan daging banyak yang mengandung arsenik organik. Sedangkan arsenik anorganik barulah unsur yang perlu kamu hindari karena bersifat racun.

Menurut WHO, kadar arsenik sebanyak 0,5-1 mg yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan masih termasuk aman dan tidak menimbulkan gangguan penyakit di dalam tubuh. Udang memiliki kandungan arsenik organik yang sifatnya stabil dan tidak berbahaya. Bahkan bila terdapat kandungan arsenik anorganik di dalam udang pun jumlahnya hanya kurang dari 4 persen atau sekitar 0,5 mg. Arsenik anorganik di dalam udang baru dapat berubah menjadi arsenik trioksida yang berbahaya hanya bila kamu mengonsumsi udang sebanyak 105 kg.

Selain itu, bila dipikir lagi, ada banyak menu masakan udang yang terdapat campuran vitamin C di dalamnya. Misalnya seperti udang dengan tambahan tomat atau lemon yang diketahui memiliki kandungan vitamin C. Buktinya, sampai saat ini belum pernah ada kejadian orang yang keracunan setelah mengonsumsi udang saus lemon. Padahal orang yang keracunan arsenik akan mengalami gejala yang akut seperti nyeri perut, muntah, diare, kram perut, rasa haus yang sangat tinggi, organ kemih terasa seperti terbakar, lalu secara perlahan akan mengalami syok, kejang, koma hingga kematian.

Baca juga: Atasi Keracunan Makanan dengan Tips Ini

Bila ada orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi udang dan jus jeruk, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan karena udang yang dimakan tidak segar. Selain itu, bisa juga disebabkan karena jumlah udang atau jus jeruk yang dikonsumsi terlalu banyak. Seperti yang sudah diketahui, jus jeruk rasanya asam. Bagi orang yang punya masalah lambung, minum jus terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Jadi, kesimpulannya, minum jus jeruk setelah menyantap udang tidak mematikan. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah udang yang masih segar dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: 5 Aturan Makan Seafood Biar Enggak Kolesterol

Kalau kamu punya pertanyaan seputar makanan yang berbahaya, tanyakan saja langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.