16 August 2018

Ini yang Terjadi Kalau Mengonsumsi Sayuran Selama Seminggu

mengonsumsi sayuran, manfaat sayuran, mengonsumsi sayuran selama seminggu

Halodoc, Jakarta – Makan sayuran memberikan manfaat kesehatan, yaitu menurunkan risiko seseorang mengidap suatu penyakit. Pasalnya, sayuran memberikan nutrisi penting terhadap kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai bagian dari diet yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke. Selain itu, manfaat lain dari mengonsumsi sayuran adalah perlindungan terhadap jenis kanker tertentu, serta mengurangi risiko diabetes dan obesitas. Sayur-sayuran juga berkhasiat untuk mengurangi keropos tulang.

Lantas apa yang terjadi kalau kamu mengonsumsi sayuran secara rutin? Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Mengonsumsi Sayuran Selama Sehari

Mengonsumsi sayuran dalam satu hari akan membuatmu merasakan efek kenyang lebih lama karena tambahan serat yang terkandung di dalam sayuran. Buat kamu yang jarang mengonsumsi sayuran di awal akan merasa tidak nyaman dan sedikit kembung. Sebab, usus tidak terbiasa dengan konsumsi serat yang tinggi. Ada baiknya kamu mengurangi jumlah kalori, sehingga asupan makananmu tidak terlalu banyak dan seringnya membuat perut terasa penuh. Baca juga: 8 Manfaat Selada untuk Kesehatan

  1. Mengonsumsi Sayuran Selama Seminggu

Perbedaan jelas akan kamu sadari saat mengonsumsi sayuran selama seminggu. Pencernaan akan lebih lancar, glukosa darah lebih stabil, tubuh terasa fit, dan badan terasa ringan. Bahkan, di minggu kedua kamu akan mulai mendapatkan manfaat intens, yaitu proses BAB akan lebih teratur. Misalnya hanya di pagi atau malam saja. Jam BAB yang teratur akan membuatmu tidak perlu menunggu atau khawatir mules mendadak saat di perjalanan dan lain-lain.

  1. Mengonsumsi Sayuran Selama Sebulan

Mengonsumsi sayuran dalam sebulan akan membuat badan terasa jauh lebih enak. Bahkan, perutmu bisa jadi lebih rata dan lingkar pinggang mengecil. Pasalnya, mengonsumsi sayuran dapat meningkatkan sistem metabolisme yang berdampak pada penurunan berat badan. Lebih dari itu, kulit akan lebih bercahaya dan mulus karena kandungan antioksidan yang terdapat pada sayuran.

Jika kamu menerapkan kebiasaan ini selama setahun bisa dipastikan, kamu akan jauh lebih sehat dan terhindar dari masalah pencernaan. Namun, alangkah baiknya jika penerapan konsumsi sayuran ini dibarengi dengan mengurangi makan makanan berlemak serta tinggi kalori. Baca juga: 4 Cara Tepat Pilih Makanan setelah Melahirkan

Untuk mengimbangi konsumsi makanan sehatmu, jangan lupa menjaga asupan air putih. Karena air putih akan memaksimalkan segala manfaat dari sayuran yang kamu konsumsi. Kurang minum air juga akan membuat pencernaan sulit memproses makanan. Kurangi minuman berperasa, apalagi minuman bersoda yang seringnya malah bikin sembelit. Selain itu, minuman ringan manis dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.

Melakukan olahraga rutin juga menjadi salah satu aktivitas yang perlu ditambahkan untuk menunjang konsumsi pola makan sehat. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan hasil yang maksimal. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan sistem metabolisme lebih baik, serta membantu mempertahankan selera makan tetap stabil tanpa adanya penambahan berat badan. Kurangi juga mengemil makanan ber-MSG. Percuma kamu makan sayur tapi tidak membuang kebiasaan jelek seperti mengemil makanan manis dan minum minuman bersoda.

Punya banyak pertanyaan lain seputar manfaat mengonsumsi sayuran, diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau informasi mengenai penyakit yang ingin diketahui lebih lanjut, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.