08 June 2018

Iniah 6 Manfaat Pijat Wajah Bagi Kesehatan

Iniah 6 Manfaat Pijat Wajah Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Punya kulit wajah yang sehat dan berkilau, tentu jadi idaman banyak kaum Hawa. Nah, yang perlu diketahui cara merawat kulit wajah itu enggak hanya lewat lika-liku ramuan tradisional atau kosmetika, pola makan sehat, dan olahraga saja, lho. Kamu juga bisa kok mendapatkan kulit wajah yang sehat melalui pijat wajah. Nah, berikut manfaat pijat wajah yang bisa kamu peroleh:

  1. Mengurangi Lingkaran Hitam

Menurut ahli seperti dilansir Bold Sky, rajin memijat wajah bisa bantu menyingkirkan kantung mata yang terkadang membuat penampilan jadi kurang menarik. Kata ahli, timbulnya kantung mata ini merupakan hasil retensi (penahanan terus-menerus zat dalam tubuh) air pada kulit. Nah, dengan rutin memijat wajah bisa mencegah retensi cairan pada area mata.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Enggak cuma olahraga saja yang bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen. Pijat wajah juga bisa melancarkan sirkulasi darah di area wajah. Nah, hal inilah yang bisa mengurangi garis pada bagian sekitar mulut dan mata. Kata ahli, pijat wajah ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan kesehatan secara keseluruhan. So, dengan sirkulasi darah yang baik, maka secara efektif bisa memberikan dan meremajakan sel kulit sehingga membuatnya nampak awet muda.

(Baca juga: 5 Tips Memilih Pencuci Wajah Terbaik)

  1. Tunda Penuaan

Melansir Bold Sky, rajin melakukan pijat wajah bisa membantu menunda tanda-tanda penuaan. Misalnya, garis-garis halus dan keriput di sekitar wajah hingga mulut. Enggak itu saja, kata ahli, pijat wajah juga bisa membantu kamu untuk mengurangi tekanan pada otot wajah yang menyebabkan kerutan.

  1. Merangsang Kolagen

Kolagen berperan penting terhadap kulit. Kolagen sendiri merupakan protein utama dalam kulit, tendon, tulang, dan jaringan ikat. Singkatnya, berkat kolagen tubuh bisa tersambung dan terikat satu sama lain hingga kuat, elastis, dan terstruktur.  Nah, pijat wajah sendiri bisa merangsang pembentukkan kolagen di sekitar wajah. Ingat, kekurangan kolagen bisa menyebabkan kulit terlihat tidak menarik. Namun, dengan rutin melakukan pijat wajah, kamu bisa kok mencegah kerusakan kolagen pada kulit dan menjaganya agar tetap menarik.

  1. Detoksifikasi Kulit

Meski kamu berada di ruang tertutup, bukan berarti kulit wajah akan terhindar dari berbagai kotoran hingga radikal bebas. Jika enggak dibersihkan secara rutin kotoran ini bisa terakumulasi di pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu, kulit pun juga membutuhkan detoksifikasi. Metode ini bisa membantu menghilangkan kotoran pada pori-pori kulit dan meminimalkan risiko timbulnya jerawat.

(Baca juga: Kenali Manfaat dan Jenis Pijat Payudara Setelah Melahirkan)

  1. Lebih Elastis dan Berkilau

Pijat wajah juga baik bagi kulit untuk memperbaiki elastisitas kulit. Cara alami ini kata ahli bisa membuat kulit jadi lebih kuat. Nah, kulit yang elastis ini bisa mencegah radikal bebas dan membuat kulit terlihat menarik. Selain itu, metode alami ini juga bisa mencegah kulit kusam. Pasalnya, pijat wajah juga bisa membantu untuk meremajakan kulit dari permukaan dan membuatnya lebih bercahaya.

Pijat Wajah untuk Usir Stres

Enggak hanya pijat wajah saja yang memiliki keistimewaan. Metode pijat pada umumnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana dengan kesehatan psikis? Kata ahli dari Institute di University of Miami, AS, pijat juga bisa mengurangi depresi dan stres.

Pijatan ini bisa meningkatkan aliran darah di area otak yang berhubungan dengan suasana hati dan regulasi stres. Melalui pijatan, reseptor tekanan di bawah kulit bisa terangsang sehingga meningkatkan aktivitas vagal. Aktivitas vagal ini sendiri merupakan dan merujuk pada saraf vagus, yaiu komponen utama dalam sistem saraf manusia yang berperan dalam fungsi otonomik. Misalnya, seperti detak jantung, pencernaan, dan pernafasan.

Sederhananya, peningkatan aktivitas dalam saraf vagus ini memberikan efek ketenangan bagi tubuh dan pikiran. Pasalnya, pijat juga bisa menurunkan hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh.

(Baca juga: Olahraga Ringan Punya Efek Setara Pijat)

Bagaimana, tertarik melakukan pijat wajah? Bagi kamu yang memiliki masalah kulit wajah, bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!