06 June 2018

Inilah 4 Ciri Payudara Sehat

Inilah 4 Ciri Payudara Sehat

Halodoc, Jakarta - Memiliki tubuh yang sehat adalah impian setiap wanita. Pasalnya, tubuh yang sehat dapat membuat wanita jadi terlihat lebih menarik dan percaya diri. Begitu pun dengan payudara, pastinya setiap wanita menginginkan payudara yang sehat. Dengan begitu, wanita akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Meskipun wanita memiliki payudara, tidak semua wanita memahami seluk-beluk payudara, terutama ciri yang menunjukkan kondisi kesehatan. Oleh karena itu, berikut ini adalah 4 ciri yang menunjukkan payudara sehat.

(Baca juga: Payudara Besar Sebelah Normal atau Masalah?)

  1. Tidak Ada Benjolan

Tidak sedikit wanita yang khawatir bahwa payudaranya memiliki ukuran yang berbeda antar satu dengan lainnya. Padahal sebenarnya, kondisi tersebut adalah kondisi yang wajar dialami oleh setiap wanita. Perbedaan ini biasanya terjadi ketika masa pubertas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada usia 20-an. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika ini terjadi.

Keadaan yang harus menjadi perhatian adalah ketika terdapat benjolan pada payudara. Pasalnya, benjolan pada payudara atau ketiak bisa jadi merupakan sebuah tumor. Dalam kasus tertentu, tumor ini berpotensi menjadi kanker. Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter kondisi kamu supaya kamu dapat melakukan langkah pencegahan atau pengobatan untuk kesehatanmu.

Selain benjolan, hal yang harus kamu perhatikan mengenai kesehatan payudara kamu adalah perubahan bentuk dan ukuran. Perubahan bentuk dan ukuran payudara memang wajar terjadi, terutama jika kamu sedang mengalami menstruasi, kehamilan, atau menopause. Namun, jika perubahan ukuran dan bentuk terjadi di luar momen tersebut, sebaiknya kamu tanyakan kepada dokter.

  1. Tidak Terasa Sakit

Salah satu indikator lain yang menunjukkan bahwa kamu memiliki payudara yang sehat adalah payudara kamu tidak terasa sakit. Setiap bulannya, wajar jika wanita kedatangan tamu bulanan. Dengan datangnya tamu bulanan tersebut, terkadang payudara juga ikut terasa sakit. Hal tersebut wajar adanya karena adanya peningkatan hormon progesteron sebelum menstruasi yang dapat menyebabkan rasa nyeri di sekitar payudara dan ketiak.

Namun, jika rasa nyeri pada payudara terjadi bukan saat sebelum menstruasi, ada baiknya kamu menanyakan keadaan kamu dengan dokter. Pasalnya, rasa sakit tersebut bisa menandakan bahwa kamu sedang tidak sehat. Dengan memastikan lebih awal, kamu dapat melakukan langkah awal atau bahkan pencegahan supaya penyakit tidak semakin parah.

  1. Tidak Mengeluarkan Cairan

Setelah wanita melahirkan, maka air susu ibu (ASI) akan keluar dari puting. Hal tersebut adalah hal wajar dan pasti akan terjadi pada wanita setelah melahirkan. Keluarnya ASI berfungsi sebagai asupan nutrisi yang bagi pertumbuhan bayi.

Namun, hal yang harus dikhawatirkan adalah ketika payudaya mengeluarkan cairan yang bukan ASI. Jika payudara kamu mengeluarkan cairan berwarna kehijauan, bening, atau merah, sebaiknya kamu segera periksakan diri kamu ke dokter secepatnya. Pastikan kondisi kesehatan kamu kepada dokter, supaya kamu bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

  1. Tidak Ada Perubahan pada Kulit Payudara

Ciri selanjutnya yang menunjukkan payudara yang sehat adalah kondisi kulit payudara yang sehat. Sehat yang dimaksud adalah kondisi kulit payudara yang tidak berkerut dan tidak kasar. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa payudara kamu tidak mengalami rasa gatal atau bersisik. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Selain perubahan kulit payudara, perubahan warna payudara juga bisa menjadi pertanda sehat atau tidaknya payudara kamu. Jika payudara kamu mengalami kemerahan tanpa sebab yang pasti, sebaiknya kamu periksakan keadaanya ke dokter. Pastikan bahwa payudara kamu dalam keadaan sehat.

(Baca juga: Benjolan di Payudara Tak Melulu Berarti Kanker)

Menjaga kesehatan payudara memang bukan perkara yang mudah. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sehat lebih mudah dengan Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu dengan mudah bisa bertanya soal kesehatan payudaramu dengan dokter melalui Chat dan Voice/Video Call.

Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, Download sekarang juga di App Store dan Google Play!