08 May 2018

Inilah 5 Rahasia Hidup Para Centenarian

Inilah 5 Rahasia Hidup Para Centenarian

Halodoc, Jakarta - Ingin hidup sehat dan panjang umur? Tenang saja, untuk mendapatkan keduanya kamu enggak perlu sekaya orang Swiss atau harus menjadi dokter, kok. Pasalnya, banyak beragam cara yang bisa kamu coba untuk tetap sehat dan panjang umur. Enggak percaya? Nih, contoh rahasia umur panjang dari  para centenarian (seseorang yang telah hidup atau diyakini berumur 100 tahun) yang bisa kamu tiru.

1.Olahraga dan Makanan Sehat

Melansir The Active Times, setidaknya terdapat lebih dari 58.000 orang Jepang yang usianya lebih dari 100 tahun. Hal ini membuat Jepang menempati urutan pertama sebagai negara yang memiliki banyak penduduk yang hidup lebih dari 80 tahun. Nah, kira-kira apa ya rahasia bisa hidup selama itu?

Di sana, terdapat pulau kecil bernama Okinawa yang masuk ke dalam zona biru. Ini adalah sebutan untuk daerah yang memiliki harapan hidup tinggi. Di sana, penduduknya rajin berjalan di pagi hari dan mengajar karate. Boleh dibilang, mereka sangat aktif secara fisik tiap harinya.

Enggak cuma itu, menu makannya pun terbilang menyehatkan. Tiap harinya mereka mengonsumsi maanan seperti tofu, tunas bambu, rumput laut, hingga acar.

  1. Diet Sehat yang Pernah Ada

Selain Jepang, penduduk Monako juga memiliki usia yang relatif panjang. Masyarakat di sana, enggak pernah merasa stres pada isu-isu yang terjadi tiap harinya. Inilah yang membuat kesehatan mentalnya tetap terjaga. Jangan salah, stres, depresi, dan penyakit mental lainnya bisa menimbulkan banyak masalah bagi fisik dan psikis.

Selain itu, penduduk Monako juga menerapkan diet mediterania dalam hidupnya. Menurut para pakar, diet ini menyimpan banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Letak negaranya yang berbatasan dengan laut mediterania, membuat penduduk di sana mudah untuk mendapatkan ikan, buah-buahan, dan sayuran dengan kualitas terbaik.

Menurut penelitian, diet mediterania merupakan salah satu diet sehat yang pernah ada.

(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Mediterania )

  1. Fasilitas Kesehatan dan Antioksidan

Negara tetangga kita, Singapura, punya harapan hidup yang cukup tinggi, yaitu 84,68 tahun. Karena keadaan ekonomi negaranya yang amat baik, Singapura punya sistem kesehatan yang sangat canggih dan efisien.

Mulai dari tahap pencegahan awal, deteksi penyakit, hingga pengawasan yang ketat oleh dokter. Enggak cuma itu kenapa negara ini punya harapan hidup yang tinggi, ternyata penduduk di sana juga rutin mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan antioksidan.

  1. Utamakan Keluarga dan Teman

Lain Singapura, lain pula Italia. Harapan hidup di negara tersebut berkisar 82,12 tahun. Menurut ahli, standar hidup di negara ini telah meningkat, sehingga penduduknya mampu membeli makanan yang lebih baik. Selain itu, masalah kemiskinan di Italia pun semakin sedikit dibandingkan dengan negara lain.

Zona biru di negara ini terletak di pulai Sardinia. Di sana, lansianya hidup dengan bahagia karena merasa dihargai. Mau tahu kunci panjang umur di pulau itu? Sederhana kok, mereka selalu menempatkan keluarga sebagai prioritas utama, tertawa bersama teman-teman, dan lebih banyak berjalan. Mudah, kan?

  1. Pola Makan Sehat dan Tidur Siang

Zona biru di Yunani ini terletak di pulau Ikaria. Kira-kira apa rahasia panjang umur penduduk di sana? Simple kok, mereka rutin tidur siang, enggak pernah terburu-buru, dan aktif dalam kehidupan sosial.

Lalu, bagaimana dengan pola makannya? Penduduk di pulau tersebut selalu mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari sayuran dan minyak zaitun. Untuk menu makan siangnya hampir selalu menyertakan kacang, kentang, dan sayuran.

Sedangkan makan malamnya cenderung berbeda. Mereka rutin mengonsumsi roti dan susu kambing. Yang lebih menyehatkannya lagi, orang-orang di sana rutin mengonsumsi teh herbal yang mengandung antioksidan. Enggak heran kan kalau harapan hidup di Yunani sebesar 80,43 tahun.

Sebuah artikel dalam New York Times menyebut pulau ini dengan sebutan “The Island Where People Forget to Die”.

Pengin tubuh selalu sehat dan kehidupan jadi lebih berkualitas? Kamu juga bisa lho, mendiskusikan masalah di tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!