11 October 2018

Inilah 6 Makanan yang Ampuh Cegah Kulit Berminyak

inilah 6 makanan yang ampuh cegah kulit berminyak

Halodoc, Jakarta – Setiap orang tentu memiliki wajah dengan jenis yang berbeda. Ada yang memiliki kulit cenderung kering, tetapi ada yang memiliki kulit cenderung berminyak. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memiliki kulit yang sehat. Bisa dengan penggunaan masker alami hingga mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan.

Jika kamu memiliki wajah yang cenderung berminyak, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah. Banyak penyebab yang membuat kamu memiliki wajah yang cenderung berminyak. Kulit wajah yang berminyak biasanya ditandai dengan adanya pori-pori wajah yang cukup besar. Tidak hanya itu saja, penyebab kulit berminyak lainnya bisa karena hormon pada tubuh. Bila kamu memiliki kelebihan hormon dihidrotestosteron (DHT) maka kemungkinan memiliki kulit wajah yang berminyak. Hormon DHT nyatanya dapat memicu produksi kelenjar minyak.

Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi minyak di wajah. Berikut adalah beberapa makanan untuk kulit berminyak pada wajah.

1. Timun

Timun adalah salah satu sayuran yang mengandung kadar air cukup tinggi. Dengan rutin mengonsumsi timun, bisa membuat kulit wajah kamu terhidrasi. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kulit wajah yang berminyak. Tidak hanya itu, timun juga mengandung antioksidan yang bagus digunakan untuk merawat kulit wajah kamu. Timun juga mengandung kandungan anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk merawat wajah yang bermasalah dengan jerawat. Tidak hanya bisa dikonsumsi, timun juga bisa kamu jadikan masker wajah, lho. Maka dari itu timun termasuk makanan untuk kulit berminyak yang bisa diandalkan.

2. Cokelat

Ada banyak jenis cokelat yang bisa kamu nikmati, salah satunya adalah dark chocolate. Dark chocolate adalah salah satu makanan yang nyatanya bisa mencegah kulit wajah kamu berminyak. Hal ini karena dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Tidak hanya ampuh untuk mengurangi minyak di wajah, dark chocolate juga bisa membantu mengurangi peradangan jerawat pada wajah kamu.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung air cukup tinggi. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, kulit wajah kamu akan terhidrasi dengan baik. Tidak hanya itu, bayam mengandung vitamin K dan folat yang dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dan mengurangi peradangan pada kulit.

4. Pisang

Sepertinya kamu bisa mengganti camilan kamu dengan pisang. Ya, dengan mengonsumsi pisang secara rutin nyatanya kamu bisa mencegah kulit wajah berminyak. Pisang memiliki kandungan potasium dan vitamin E yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, memberikan nutrisi pada kulit wajah kamu.

5. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang mengandung sitrat dan vitamin C cukup tinggi. Vitamin C adalah antioksidan alami yang dibutuhkan untuk pembuluh darah dan pembentukan kolagen. Manfaat jeruk untuk kulit wajah adalah bisa menjadi pelembap ketika mengonsumsinya dengan rutin. Kandungan sitrat dalam jeruk juga mampu untuk mengurangi peradangan jerawat yang membandel pada kulit wajah kamu.

6. Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan dan lemak baik yang dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah kamu. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa gunakan alpukat sebagai masker alami untuk wajah.

Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan wajah agar terhindar dari minyak berlebih. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kulit wajah, bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: