17 January 2018

Inilah Dampak Kurang Serat Pada Tubuh

Inilah Dampak Kurang Serat Pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh seseorang membutuhkan serat makanan agar tetap sehat. Kurang serat pada tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, hal ini karena sekitar 70% sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan. Untuk sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan bekerja dengan baik, kamu harus memastikan jika kebutuhan serat terpenuhi dengan baik.

Meski terdengar sepele, serat memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan. Bukan hanya memengaruhi sistem kekebalan tubuh, namun dampak kurang serat  juga bisa mengakibatkan berbagai masalah atau penyakit seperti:

  • Sembelit

Dampak kurang serat yang paling umum dialami yaitu timbulnya sembelit yang ditandai dengan feses yang keras, kering dan bisa saja terjadi hanya 3 kali buang air besar dalam waktu seminggu. Jika hal ini terjadi, segeralah konsumsi makanan yang tinggi akan serat seperti jeruk disertai dengan olahraga dan minum air putih yang cukup agar proses buang air besar kembali lancar.

 

  • Gula Darah Tidak Stabil dan Komplikasi Jangka Panjang Pada Pengidap Diabetes

Dampak kurang serat pada pengidap diabetes dapat menyebabkan si pengidap untuk mengendalikan gula darah. Selain itu, kurangnya serat dapat menyebabkan terjadinya penyakit komplikasi diabetes dalam jangka panjang.

 

  • Kenaikan Berat Badan

Kandungan serat dapat membantu kamu untuk memenuhi rasa kenyang, sehingga jika kamu mengonsumsi makanan yang rendah serat maka kamu akan mengonsumsi makanan melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

  • Mudah Lelah

Dampak kurang serat pada tubuh dapat membuat kamu menjadi lebih mudah lelah dan juga mual. Konsumsilah makanan yang tinggi protein dengan mengimbangi konsumsi serat yang cukup.

 

  • Peningkatan Kadar Kolesterol

Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol berlebih pada usus dan kemudian membuangnya. Jadi jika seseorang yang kurang serat kemungkinan memiliki peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Itulah dampak kurang serat pada tubuh yang dapat terjadi jika kamu tidak memenuhinya dengan baik. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jadi sebelum kamu terkena penyakit akibat kurang serat, konsumsilah asupan dengan serat yang cukup seperti aneka jenis kacang-kacangan, kacang polong, tepung gandum utuh, sayuran berdaun hijau, wortel, labu, kentang, jagung dan kacang panjang. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi buah yang kaya akan serat pir, stroberi, jeruk, mangga, pisang dan apel.

Terdapat perbedaan kebutuhan serat antara wanita dan pria. Untuk wanita, kebutuhan serat per hari yang diperlukan yaitu sekitar 25 gram sedangkan untuk pria, kebutuhan serat yang harus dipenuhi berkisar antara 30-38 gram per hari.

Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan berserat saja, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen serat yang bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa harus keluar rumah dengan memesannya di Halodoc. Aplikasi kesehatan ini menyediakan layanan Pharmacy Delivery yang dapat mengantarkan obat atau suplemen dalam waktu satu jam saja. Halodoc juga bisa menghubungkan kamu dengan berbagai dokter ahli terpercaya yang bisa menjawab segala pertanyaan yang berhubungan dengan masalah kesehatanmu.

Tunggu apalagi? Permudah hidupmu dengan memiliki aplikasi Halodoc dengan men-download di App Store dan Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: 4 Masalah Pencernaan Akibat Kekurangan Probiotik