20 September 2017

Inilah Makanan yang Boleh Dikonsumsi Saat Persalinan

Inilah Makanan yang Boleh Dikonsumsi Saat Persalinan

Halodoc, Jakarta - Setelah melewati masa kehamilan selama sembilan bulan, proses persalinan menjadi momen berharga untuk ibu untuk bisa bertemu dengan buah hatinya. Bagi ibu yang menjalani kehamilan pertama, persalinan bisa menjadi tantangan tersendiri. Prosesnya yang tidak mudah dapat menguras tenaga baik secara fisik maupun mental.

Proses persalinan yang umum dilakukan adalah dengan cara normal dan caesar. Persalinan secara normal memiliki tingkat rasa sakit yang lebih tinggi karena dilakukan tanpa anastesi. Ibu mesti berjuang melawan rasa sakit ketika si kecil berusaha menemukan jalan untuk keluar dari rahim ibu. Inilah mengapa tenaga yang dibutuhkan ibu pun lebih besar ketika melahirkan secara normal.

Persalinan normal, kurang lebih berjalan selama 10 hingga 20 jam. Sehingga tentu ibu perlu mempersiapkan diri sebelum memilih untuk melakukan proses persalinan ini. Tak hanya teknik pernafasan yang perlu dipelajari sebelum melahirkan normal. Ibu juga harus mempersiapkan stamina sebelum melakukan proses persalinan normal. Oleh karena itu, asupan makanan sangat penting, terutama saat persalinan.

Bukan hal yang aneh jika ibu merasa haus atau lapar saat melakukan persalinan normal. Sehingga mengonsumsi makanan pun diperbolehkan agar ibu tidak kehabisan tenaga dan dehidrasi. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi sehingga dapat meningkatkan tenaga saat mengejan.

Kalori yang terbakar ketika persalinan normal cukup besar. Sehingga ibu memang butuh energi yang cukup jika memilih untuk melahirkan dengan cara normal. Jika asupan tenaga tidak mencukupi maka tubuh ibu akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Akibatnya, tubuh justru mengeluarkan zat asam sehingga menurunkan kontraksi dan membuat proses persalinan jadi lebih lama.

Asupan yang dipilih untuk dimakan ketika persalinan tidak sama dengan makanan yang dimakan pada waktu-waktu normal. Inilah makanan yang boleh dikonsumsi saat persalinan yang perlu diketahui ibu:

1.  Teh Manis
Teh mengandung antioksidan yang baik untuk ibu hamil. Dengan ditambah gula membuat teh menjadi minuman yang mampu menambah tenaga bagi ibu. Saat proses persalinan normal, ibu biasanya berkeringat dan mengeluarkan banyak tenaga sehingga teh manis dapat menjadi sumber energi yang cepat diolah tubuh.

2.  Buah-buahan Manis
Asupan gula alami dari buah-buahan dapat membantu ibu mendapatkan sumber energi yang dibutuhkan setelah kalori banyak terbakar. Berbeda dengan gula buatan, gula alami lebih sehat dan tentu saja baik diserap tubuh.

3.  Biskuit Manis
Selain praktis dan lebih mudah dikonsumsi, biskuit manis dapat menjadi pengganti makanan “berat” ketika ibu tengah menjalani proses persalinan. Menahan rasa sakit itu tidak mudah, tentu akan kerepotan jika ibu harus makan dengan sendok garpu. Sehingga biskuit menjadi pilihan makanan yang lebih mudah dan cepat untuk dikonsumsi.

4.  Yogurt
Yogurt juga lebih mudah mudah dimakan karena tak perlu dikunyah. Selain itu, yogurt juga baik untuk pencernaan sehingga lebih mudah dicerna dan diserap tubuh.

5.  Sup
Ibu juga butuh serat, sup yang diolah lebih mudah dikonsumsi dan juga mengandung vitamin yang dibutuhkan ibu ketika persalinan.

6.  Sereal
Makanan yang satu ini menjadi sumber kalori yang juga mudah dikonsumsi oleh ibu ketika menjalani proses persalinan. Umumnya sereal juga mengandung gula tinggi yang membantu menambah tenaga.

Makanan yang baik dikonsumsi saat persalinan adalah makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Asupan makanan dan minuman ini mampu membuat tubuh menyimpan lebih banyak sumber energi. Yang perlu diperhatikan adalah minta dahulu saran dari dokter serja tanyakan kebijakan rumah sakit mengenai makan saat persalinan. Ini karena tidak semua rumah sakit menyediakan makanan saat ibu menjalani persalinan.

Jika ibu perlu membicarakan mengenai masalah kesehatan selama kehamilan. Ibu bisa menghubungi dokter spesialis kandungan melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc, dan pesanan pun akan diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google App.