17 May 2018

Inilah Menu Makanan yang Tepat Sebelum Berolahraga

Inilah Menu Makanan yang Tepat Sebelum Berolahraga

Halodoc, Jakarta - Layaknya serdadu yang ingin pergi ke medan perang, tubuhmu pun membutuhkan “amunsi” sebelum olahraga, agar kamu siap dan tahan menjalankan aktivitas fisik tersebut. Masalahnya, makanan apa sih yang tepat dikonsumsi sebelum berolahraga?

 

  • Smoothie Buah

 

Selain gampang membuatnya, menu ini juga mudah dicerna tubuh. Menurut ahli gizi dari San Francisco 49ers, AS, smoothie buah merupakan sumber energi yang disukai tubuh untuk latihan dengan intensitas tinggi.

 

  • Kopi

 

Kandungan kafein di dalam kopi mampu membantu tubuh untuk meningkatkan kewaspadaan dan daya tahan. Menurut studi dari Australia menemukan, seorang pelari bisa meningkatkan jarak tempuh lari mereka ketika mengonsumsi 95 mg kafein, atau setara dengan 250 ml cangkir kopi.

Ada juga studi mengenai hubungan kafein dah olahraga di lain tempat. Riset kecil dari University of Georgia, AS, menemukan, subjek penelitian yang mengonsumsi kafein dalam dosis sedang (setara dua cangkir kopi), efeknya bisa mencegah nyeri otot pascalatihan sebesar 48 persen.

(Baca juga: 6 Olahraga yang Direkomendasikan Untuk Pengidap Asma)

 

  • Kacang Almond

 

Makanan yang satu ini kaya akan alfa-tokofrol viitamin E, yang mudah diserap tubuh. Nah, sebuah riset, vitamin E ini bisa membantu meringankan nyeri otot karena intensitas latihan yang berat. Kok bisa?

Kata ahli, vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi otot dari radikal bebas yang dihasilkan selama latihan. Radikal bebas inilah yang jadi biang keladi dari nyeri otot yang menghambat performa saat berolahraga.

 

  • Granola dan Buah Berry

 

Kedua menu ini mengandung karbohidarat yang tinggi sehingga tepat dikonsumsi sebelum berolahraga. Karbohidrat inilah yang bisa menjadi bahan bakar tubuhmu sebelum berolahraga. Granola sendiri merupakan jenis makanan yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan.

 

  • Telur

 

Yang satu ini banyak mengandung asam amino yang bisa dikonversi ke otot, kulit, kolagen, dan jaringan tubuh lain secara lebih efisien ketimbang protein dari makanan lain. Kata ahli, telur lebih baik dibandingkan dengan karbohidrat, karena bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

 

  • Pisang

 

Enggak mau repot-repot memilih menu sebelum berolahraga? Pilih saja buah yang satu ini. Kata ahli, pisang merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Pasalnya, buah ini mengandung gula alami yang bisa menyediakan energi bagi tubuh. Selain itu, pisang kaya kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Kalium sendiri bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap normal, mencegah kelelahan otot, dan meningkatkan fungsi jantung.

 

  • Susu Cokelat

 

Minuman yang satu ini juga baik lho dikonsumsi sebelum berolahraga. Menurut sebuah studi, susu cokelat punya rasio optimal dari karbohidrat dengan protein untuk membantu mengisi kembali tenaga. Selain itu, susu cokelat juga bisa memperbaiki otot-otot yang rusak setelah berolahraga.

Di riset tersebut para ahli meneliti delapan pelari pria yang mengonsumsi 500 ml susu beas lemak cokelat, dan 500 ml minuman olahraga berkarbohidrat. Hasilnya? Riset tersebut menunjukkan bahwa susu cokelat mampu memperbaiki dan membangun kembali otot-otot lebih baik ketimbang minuman karbohidrat.

 

  • Alpukat

 

Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, dan tinggi kandungan potasium. Selain itu, alpukat merupakan sumber vitamin A, B1, D, E, K, dan B. Nah, kandungan itulah yang membuat buah ini cukup ideal sebagai makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum berolahraga.

Aturan Makan Sebelum Berolahraga

Tubuh perlu waktu dua jam untuk mencerna makanan. Oleh sebab itu, bila kamu mengonsumsi makanan berat, sebaiknya dua jam sebelum berolahraga agar bisa tercena dengan sempurna.

Bila kurang dari dua jam, jangan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, seperti minyak, santan, dan gandum. Menurut ahli gizi, sebaiknya kamu mengonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak dengan total 300-400 kalori.

Hindari makanan yang mengandung gas, karena bisa memicu gangguan pada usus. Bila ingin mengonsumsi makanan ringan atau snack, makanlah satu jam sebelum olahraga.

(Baca juga: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut)

Kamu juga bisa lho bertanya pada dokter mengenai makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!