07 December 2018

Inilah Obat Radang Gusi Alami yang Ada di Rumah

Inilah Obat Radang Gusi Alami yang Ada di Rumah

Halodoc, Jakarta - Pasti tidak nyaman rasanya jika tubuh sedang tidak fit. Apalagi kalau berhubungan dengan masalah gigi dan mulut, misalnya radang gusi. Pembengkakan yang terjadi pada gusi ini bisa menimbulkan rasa sakit yang membuat kamu kehilangan nafsu makan, bahkan tidak bisa beraktivitas jika rasa sakitnya terasa mengganggu. Jika tidak segera kamu obati, radang gusi bisa membuat gigi kamu terlepas sendiri.

Penyebab radang gusi itu beragam. Misalnya, kurang menjaga kebersihan gigi, dan tidak memperhatikan bahwa menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur itu wajib. Bisa juga kamu kurang vitamin C, dan ini bisa kamu penuhi dengan mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C atau suplemen. Intinya, perawatan gigi menjadi hal yang harus kamu perhatikan.

Jika kamu sudah mengalami radang gusi, kamu harus segera mengobatinya agar tidak terjadi komplikasi. Mungkin, sebelum kamu memeriksakan gigi kamu ke dokter, beberapa obat radang gusi alami berikut ini bisa kamu coba di rumah.

  • Minyak Sereh

Pertama, gunakan minyak sereh. Bahan dengan nama ilmiah Cymbopogon citratus ini disinyalir efektif untuk mengurangi plak dan meringankan radang gusi. Cara membuatnya mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 hingga 3 tetes minyak sereh dengan air hangat secukupnya. Gunakan untuk berkumur hingga 30 detik. Ulangi berkumur hingga tiga kali setiap hari.

  • Daun Jambu

Obat radang gusi kebanyakan berupa obat kumur. Selain minyak sereh, kamu bisa membuat obat kumur sendiri dengan menggunakan daun jambu. Faktanya, daun jambu mengandung antimikroba yang efektif untuk menghambat tumbuhnya plak dalam mulut. Tidak hanya itu, daun ini juga dinilai bisa mengurangi rasa nyeri, inflamasi, dan membuat napas lebih segar.

  • Air Garam

Sama halnya dengan daun jambu, air garam bisa membantu meringankan radang gusi yang kamu alami, sekaligus membantu mengurangi rasa sakit, mencegah pertumbuhan bakteri pada gigi, membersihkan sisa makanan, dan menyegarkan napas. Dari semua obat radang gusi alami, air garam adalah yang paling mudah dibuat.

Pasalnya, kamu pasti memiliki garam di rumah. Nah, campurkan setengah hingga tiga perempat sendok teh garam pada air hangat secukupnya. Aduk rata dan pastikan garam sudah tercampur sepenuhnya. Berkumurlah selama 30 detik, dan ulang hingga 3 kali setiap hari.

Perhatikan, jangan sampai kamu berkumur terlalu lama atau terlalu sering dengan bahan satu ini. Pasalnya, air garam juga bisa memberikan dampak negatif pada email gigi yang membuat gigi kamu mudah terkikis, terlebih jika kamu memiliki gigi sensitif.

  • Krim Kunyit

Kunyit banyak digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Hal yang tak kamu sadari adalah rempah-rempah satu ini juga bermanfaat untuk atasi radang gusi. Bukan tanpa alasan, bumbu masakan satu ini memiliki kandungan antiinflamasi yang membantu meringankan bengkak pada radang gusi dan meredakan perdarahannya.

Itu tadi beberapa obat radang gusi alami yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Jangan tunggu sampai parah, atasi segera radang gusi kamu dengan obat alami di atas. Kamu bisa mengetahui informasi kesehatan lain dengan langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc dan temukan berbagai kemudahan di dalamnya!

Baca juga: