• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tips untuk Berolahraga Saat Puasa

Inilah Tips untuk Berolahraga Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Tips untuk Berolahraga Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Jangan salah, olahraga saat puasa bisa membuat tubuh tetap bugar dan kesehatan makin terjaga, lho. Masalahnya, bagi kamu yang ingin berolahraga saat puasa perlu memerhatikan beberapa hal penting. Sebab, asal berolahraga saat puasa justru malah bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. Nah, berikut tips untuk berolahraga saat puasa yang tepat:

  1. Pilih Olahraga yang Tepat

Ingatlah, energi tubuh enggak sebesar biasanya. Sebaiknya, lakukan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti biasanya dengan mengurangi intensitasnya. Bila jenis olahraga yang kamu lakukan terlalu berat, pilihlah jenis olahraga lainnya. Misalnya, berjalan, jogging, atau besepeda. Selain itu, sebaiknya kamu enggak melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi lebih dari biasanya.

  1. Perhatikan Waktunya

Yang ini memang kerap menjadi perdebatan. Lebih baik berolahraga setelah atau sebelum berbuka? Nah, ada ahli yang mengatakan kalau olahraga sebaiknya enggak dilakukan saat berpuasa. Alasannya saat itu perut berbeda dalam keadaan kosong. Padahal, ketika berolahraga tubuh akan mengurai makanan dan menggunakannya sebagai bahan bakar saat berolahraga. Oleh sebab itu, banyak ahli yang menyarankan untuk berolahraga setelah berbuka agar tubuh punya bahan bakar untuk menjalankan aktivitas tersebut.

Meskipun begitu, ada juga beberapa ahli yang mengatakan kalau waktu terbaik berolahraga adalah menjelang berbuka. Tepatnnya, 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Namun, tentunya hal ini mesti disesuaikan dengan kebugaran tubuh masing-masing.

(Baca juga: 3 Gerakan Olahraga Sehat di Kantor)

  1. Perhatikan Asupan Air

Ingat, kombinasi antara puasa dan olahraga jelas akan menguras cairan tubuh. Nah, agar tubuh enggak dehidrasi, kamu perlu memerhatikan kebutuhan cairan tubuh. Kata ahli, normalnya tubuh membutuhkan 1,5-2 liter perhari. Bagaimana dengan puasa? Enggak ada yang berubah kok takarannya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut saat sahur dan berbuka. Nah, sebaiknya pilih olahraga yang enggak terlalu banyak mengeluarkan keringat, alias olahraga raga dengan intensitas ringan atau sedang.

(Baca juga: 6 Tips Atasi Kulit Kering Kusam Selama Berpuasa)

  1. Penuhi Kebutuhan Gizi

Selain waktu makan yang berubah, porsi makan pun mungkin juga berubah saat menjalankan ibadah puasa. Meskipun begitu, kata ahli kamu sebaiknya tetap mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama tiap harinya. Dengan kata lain, enggak kurang ataupun berlebihan. Yang terpenting, konsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Misalnya, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

  1. Perhatikan Durasi Tidur

Nah, tips terakhir perhatikan durasi tidur. Jangan anggap remeh aktivitas yang satu ini. Kekurangan tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental. Lalu, berapa lama sebaiknya seseorang tidur tiap harinya? Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya memerlukan tidur sekiar 7-9 jam per hari.

Tips Olahraga Saat Puasa

Ketika ingin berolahraga saat puasa, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya, intensitas atau waktunya. Nah, agar olahraga bisa berjalan dengan efektif selama puasa, berikut tips-tips yang bisa kamu coba.

  • Jika tidak kuat, kurangi jam latihan. Misalnya, dari satu jam menjadi 30 menit.
  • Kurangi intensitas dan gerakan tubuh jadi lebih ringan. Contohnya, perlambat langkah saat berlari.
  • Boleh dilakukan pada pagi hari bila telah terbiasa.
  • Hindari olahraga yang mengeluarkan banyak keringat karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Bagi yang tidak terbiasa di pagi hari, cobalah di sore hari (pukul 17:00).
  • Sebaiknya olahraga tetap dilakukan minimal tiga kali seminggu.

(Baca juga: Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh)

Agar olahraga selama berjalan aman dan hasilnya maksimal, kamu bisa lho bertanya pada dokter mengenai hal tersebut. Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!