21 September 2018

Inilah yang Dimaksud dengan Hepatitis Akut

hepatitis akut, penyebab hepatitis akut, gejala hepatitis akut

Halodoc, Jakarta – Apabila kamu pernah mendengar penyakit hepatitis akut, itu merupakan kondisi peradangan pada liver. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus, tapi ada beberapa kemungkinan penyebab hepatitis akut ini. Di antaranya seperti hepatitis autoimun dan hepatitis yang merupakan akibat sekunder dari obat-obatan, racun, dan alkohol.

Hepatitis akut cukup umum ditemui, menyerang lebih banyak pria dibanding wanita. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun dan dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan Gejala Penyakit Hepatitis

Tanda-tanda dan gejala dari hepatitis akut muncul sangat cepat, di antaranya:

  1. Kelelahan.
  2. Mual.
  3. Nafsu makan menurun.
  4. Rasa tidak nyaman pada perut (nyeri pada hati).
  5. Urine yang keruh dan penyakit kuning.
  6. Gejala yang menyerupai flu.
  7. Feses yang berwarna pucat.
  8. Penurunan berat badan tanpa sebab.

Selain tanda-tanda di atas, kemungkinan terdapat demam rendah dan ruam yang tidak menetap selama periode inkubasi. Gata-gatal biasanya tidak ditemukan pada awal kondisi, tapi dapat muncul apabila penyakit kuning berlanjut.

Penyebab Hepatitis Akut

Ada dua penyebab utama dari penyakit ini, yaitu:

1. Hepatitis Non-viral

- Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan hati membengkak dan meradang. Penyebab beracun lainnya adalah konsumsi obat-obatan berlebih atau paparan terhadap racun.

- Penyakit autoimun. Sistem imun dapat salah menganggap hati sebagai objek berbahaya dan mulai menyerang dan menghambat fungsi hati.

2. Hepatitis Viral

Terdapat jenis virus yang menjadi penyebab hepatitis akut. Virus tersebut akan memengaruhi seberapa parah dan seberapa lama penyakit akan kamu idap. Berikut adalah 5 jenis hepatitis viral:

- Hepatitis A. Kamu biasanya mengalami kondisi ini jika kamu mengonsumsi sesuatu yang  mengandung virus. Hepatitis A adalah jenis yang paling tidak berisiko, karena hampir selalu membaik dengan sendirinya. Kondisi ini tidak menyebabkan peradangan jangka panjang pada hati.

- Hepatitis B. Jenis ini menyebar dengan berbagai cara. Kamu dapat tertular dari hubungan intim dengan pengidapnya atau dengan berbagi jarum obat-obatan terlarang. Virus juga dapat menurun dari ibu ke bayi saat persalinan atau setelahnya.

- Hepatitis C. Kamu dapat terkena jenis ini jika kamu memiliki kontak dengan darah atau jarum yang terkontaminasi.

- Hepatitis D. Kondisi ini hanya terjadi jika kamu telah terinfeksi dengan Hepatitis B. Kondisi ini cenderung membuat penyakit semakin parah.

- Hepatitis E. Umumnya menyebar di Asia, Meksiko, India, dan Afrika. Beberapa kasus yang muncul di Amerika Serikat biasanya muncul pada orang yang baru bepergian ke negara dengan penyakit hepatitis.

Itulah yang dimaksud dengan hepatitis akut. Cegah dan sadari segera jika kamu memiliki tanda-tanda hepatitis akut seperti yang tertulis di atas. Jika kamu menemukan tanda yang mencurigakan, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Diskusi melalui aplikasi Halodoc lebih praktis, karena kamu tidak perlu keluar rumah. Diskusi bisa dilakukan via Chat atau Voice/Video Call. Segera download aplikasi Halodoc melalui Google Play atau App Store sekarang, ya!

Baca juga: