28 June 2018

Intip 3 Menu Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Profesional

menu makan pemain sepak bola, piala dunia 2018,

Halodoc, Jakarta – Selain kerja keras dan latihan yang disiplin, kira-kira apa ya rahasia di balik kelincahan dan kehebatan pemain bintang di lapangan hijau? Nah, kata ahli olahraga, pola makan sehari-hari amat memengaruhi performa mereka di atas lapangan, lho. “Salah” makan sedikit saja, enggak menutup kemungkinan bisa memengaruhi stamina dan kepiawaiannya bermain saat berlaga. Penasaran apa rahasia menu makanan pemain sepak bola profesional? Yuk, cari tahu berikut ini!

1.Cristiano Ronaldo

Meski umurnya sudah 33 tahun, pemain pertama yang berhasil mencetak hat-trick di ajang Piala Dunia 2018 ini memiliki kebugaran seperti pemain berusia 23 tahun. Enggak percaya? Namun, begitulah faktanya dalam hasil tes pada pemain Real Madrid seperti dilansir Men’s Health. Lalu, apa saja sih menu makanan yang dikonsumsi CR7 (julukan Ronaldo) tiap harinya?

Bintang dari Real Madrid dan Timnas Portugal ini selalu mengonsumsi makanan sehat. Ia mengaku kalau dirinya suka memakan makanan-makanan utuh seperti buah-buahan dan sayur, gandum yang utuh, dan protein yang tak berlemak.

Baca juga: Demam Piala Dunia, 6 Pemain Ini Punya Ritual Unik Sebelum Masuk Lapangan)

Menu sarapan CR7 terdiri dari ham dan keju, kue croissants yang dilengkapi dengan yogurt dan buah alpukat. Sedangkan makan siangnya, ia akan menyantap hidangan berbasis ikan. Misalnya, hidangan khas portugal seperti Bacalhau. Menu ini terdiri dari ikan cod, bawang, kentang, dan telur orak-arik. Selain ikan cod, Ronaldo juga gemar mengonsumsi ikan kakap dan todak.

Untuk camilannya, Ronaldo suka menyantap roti gandum yang dikombinasikan dengan ikan sarden. Lalu, bagaimana dengan menu makan malamnya? Mantan pemain Manchester United ini biasa menyantap steak atau ikan tuna yang dikombinasikan dengan salad.

Ronado mengakui kalau dirinya rutin mengonsumsi makanan berprotein tinggi, dengan banyak karbohidrat, buah dan sayuran, serta menghindari makanan bergula. Selain itu, dirinya pun selalu makan dengan teratur. Bahkan, terkadang CR7 makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan tercukupinya energi tubuh selama melakukan setiap sesi latihan. Bagaimana diet ala Cristiano Ronaldo, menyehatkan bukan?

Menurut koki dari Timnas Portugal seperti dilansir Business Insider, selain melalui air putih, Ronaldo juga meminum minuman isotonik rendah gula dengan campuran karbohidrat untuk meningkatkan daya tahan, dan cairan elektrolit serta vitamin B12 untuk melawan kelelahan.

2. Lionel Messi

Seperti dilansir Daily Mail, menurut ahli gizi dari Italia yang pernah membantu Messi untuk menurunkan berat badannya, bintang dari klub raksasa Barcelona itu menjauhi permen, roti, dan pasta agar kinerja tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Kata sang ahli, kapten Timnas Argentina ini juga menjauhi makanan yang mengandung tepung dan hanya sedikit mengonsumsi daging merah dalam menu hariannya.

Baca juga: Inilah 5 Cedera yang jadi Langganan Pemain Sepak Bola

Meskipun begitu, Messi masih diperbolehkan kok mengonsumsi makanan yang mengandung garam, tapi dalam takaran yang sedikit. Secara keseluruhan, menu-menu harian Messi terdiri dari ikan, banyak sayur-sayuran dan biji-bijian, dan minyak zaitun. Yang pasti, pemain ini berusaha mengurangi asupan garam, gula, dan daging merah dalam menu hariannya.

Bila suatu waktu ingin mengonsumsi daging, peraih empat kali Ballon d'Or (Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa) ini akan menggantinya dengan daging putih seperti ayam. Kata sang ahli, kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol sangat bermanfaat bagi tubuh seorang atlet seperti Messi.

3. Harry Kane dkk

Setelah mendarat di Rusia, makanan dan minuman yang diasup pemegang top skor sementara Piala Dunia 2018, Harry Kane dan rekan setimnya seperti Raheem Sterling, Jesse  Lingard, hingga Ashley Young enggak sembarangan, lho. Enggak ada makanan dan minuman yang masuk ke  pasukan The Three Lions (julukan timnas Inggris) tanpa izin dari koki dan ahli gizi tim. Lalu, bagaimana bila mereka merasa lapar di suatu waktu?

Nah, para pemain harus memberitahukan salah seorang staf utuk menyediakan makanan, karena mereka enggak diizinkan pergi ke bar atau membeli sesuatu dari mini market. Ini merupakan program diet yang diberlakukan pada tiap turnamen. Menariknya lagi, beberapa bulan sebelum Piala Dunia berlangsung, koki timnas Inggris telah menyusun daftar belanja, bahkan bahan makanan yang bisa didapat dari daerah lokal di Rusia.

Baca juga: Kenalan dengan Tes Medis yang Sering Dilakuan Pemain Sepak Bola

Saking ketatnya, timnas Inggris ini. mau enggak mau hanya bisa menerima menu yang disajikan oleh para koki dan ahli gizi. Berlebihan? Enggak kok, namanya juga atlet profesional dan pemain bintang.

Ingin menerapkan pola makanan sehat seperti pemain di atas? Kamu bisa kok berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!