26 November 2017

Jadikan Tulangmu Sehat dengan 5 Makanan Mengandung Vitamin D Ini!

Jadikan Tulangmu Sehat dengan 5 Makanan Mengandung Vitamin D Ini!

Halodoc, Jakarta - Ingin memiliki tulang yang sehat? Ternyata, asupan terbaik yang disarankan adalah dengan vitamin D! Fungsi vitamin D cukup beragam, salah satunya mengontrol keseimbangan di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan penyerapan kalsium pada usus halus. Jika dianalogikan, Vitamin D merupakan mobil yang membawa kalsium pada sari-sari makanan dari usus menuju tulang kita. Tanpa Vitamin D, seseorang yang mengonsumsi makanan berkalsium tinggi tetap memiliki risiko kekurangan kalsium pada tulangnya karena tidak adanya perantara tersebut. 

Menurut Institute of Medicine, usia 1-70 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU setiap harinya, dan usia 71 ke atas membutuhkannya sebanyak 800 IU setiap harinya.  Untuk memenuhi kebutuhan penting tulang akan vitamin D tersebut, kamu tak perlu mencari suplemen atau apapun yang justru merepotkan. Cukup mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin D di bawah ini, tulang sehat pun bisa kamu miliki!

1.  Jamur
Ingin kebutuhan vitamin D kamu terpenuhi? Cobalah konsumsi jamur! Jenis-jenis jamur yang biasa dikonsumsi seperti jamur kancing, jamur kuping, dan jamur shiitake memiliki  kandungan vitamin D yang sangat tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, jamur juga tergolong makanan rendah kalori yang bisa kamu konsumsi kapanpun tanpa takut gemuk.

2.  Sereal
Siapa yang tidak suka sereal? Makanan yang mengandung vitamin D ini sangat enak, apalagi jika dicampur dengan susu.  Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2004, sereal merupakan sumber utama vitamin D yang cukup besar di dunia. Hal ini terbukti dari tingginya kandungan vitamin D di setiap 100 gramnya yang berjumlah 332 IU.

3.  Minyak Hati Ikan Kod
Makanan yang mengandung vitamin D lainnya adalah minyak hati ikan kod. Selain Vitamin D, minyak ini juga memiliki asam lemak omega 3 dalam kadar yang tinggi. Bahkan hanya dengan mengonsumsinya dalam satu sendok teh, minyak hati ikan kod dapat memenuhi 75% dari kebutuhan vitamin D harianmu. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak tersedia minyak hati ikan kod yang banyak dijual di pasaran, sehingga kamu bisa lebih mudah mengonsumsinya setiap hari.

4.  Salmon
Berbahagialah jika kamu penggemar ikan seperti salmon. Ikan ini menyimpan sumber vitamin D terbaik yang juga kaya akan asam lemak omega 3. Setengah iris daging salmon segar (155g) mengandung 1035 IU vitamin D, tetapi kamu juga bisa mendapatkan cukup vitamin D dari daging salmon kaleng.

5.  Kuning Telur
Tak hanya tinggi protein, namun telur pun merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, terutama pada bagian kuningnya. Dengan putih telur yang mengandung banyak protein dan kuningnya yang mengandung banyak vitamin D, telur menjadi bahan makanan yang sehat namun tetap tejangkau untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, kamu juga bisa mendapatkan khasiat vitamin D yang baik untuk tulang dari sinar matahari. Ketika sinar matahari masuk ke dalam kulit, tubuh akan membuat vitamin D dengan sendirinya. Namun jangan berjemur terlalu lama dan selalu gunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar.

Untuk memperoleh tips kesehatan lainnya, Halodoc bisa menjadi aplikasi yang paling mengerti kamu. Diskusikan langsung berbagai masalah kesehatan dengan berbagai spesialisasi dokter yang ada pada aplikasi ini. Selama 24 jam non stop, mereka akan menjawab semua pertanyaanmu melalui Chat, Video Call, dan Voice Call tanpa dipungut biaya. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat ataupun vitamin dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan sampai hanya dalam waktu 1 jam. Berani sehat dengan Halodoc, download aplikasinya sekarang di Google Play dan AppStore ponselmu!

BACA JUGA: Cek Fakta di Balik Sunblock dengan SPF Tingkat Tinggi