Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Menstruasi Nggak Lancar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
jangan-anggap-sepele-ini-5-penyebab-menstruasi-nggak-lancar

Halodoc, Jakarta – Menstruasi umumnya terjadi 4-5 minggu sekali selama 5-7 hari. Namun, ada beberapa wanita yang menstruasinya nggak lancar, alias bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari siklus normal. Nah, untuk kamu yang mengalami menstruasi nggak lancar, jangan panik. Pasalnya, ada beberapa faktor yang membuat menstruasi nggak lancar.

Penyebab Menstruasi Nggak Lancar

Kalau kamu lagi mengalami menstruasi nggak lancar, bisa jadi, faktor berikut ini menjadi penyebabnya:

  1. Hormon yang Belum Stabil

Tubuh tiap remaja berbeda-beda. Ada yang langsung rutin menstruasi secara teratur tiap bulan, tapi ada juga yang beberapa bulan kemudian baru mengalami menstruasi kedua. Tenang saja, siklus menstruasi nggak lancar tergolong normal, jika terjadi pada 2-3 tahun pertama menstruasi. Hal ini dikarenakan hormon yang masih belum stabil. Kalau ketidakteraturan menstruasi terjadi setelah 3 tahun menstruasi, sebaiknya kamu berbicara dengan dokter.

  1. Stres

Stres bisa mengacaukan berbagai hormon dalam tubuh, termasuk hormon pengatur siklus menstruasi (estrogen). Pasalnya saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol, yang kemudian menekan hormon estrogen. Akibatnya, proses ovulasi menjadi terhambat dan mengacaukan siklus menstruasi.

  1. Obesitas

Obesitas termasuk masalah kesehatan serius karena dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu penyakit berbahaya lain, seperti jantung, stroke, dan kanker. Sedangkan dalam jangka pendek, obesitas bisa mengganggu siklus menstruasi, akibat timbunan lemak yang mengganggu produksi hormon dalam tubuh.

  1. Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis juga bisa berdampak pada siklus menstruasi. Saat berat badan naik secara drastis, tubuh memproduksi hormon insulin secara berlebihan yang berpotensi mengganggu siklus menstruasi. Sebaliknya, menstruasi nggak lancar juga rentan dialami oleh orang yang mengalami penurunan berat badan drastis, karena tubuh kesulitan memproduksi hormon estrogen secara cukup.

  1. Masalah Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar penting yang berada di leher. Tugas dari kelenjar tiroid adalah menjaga keseimbangan hormon yang berperan penting dalam metabolisme tubuh dan siklus menstruasi. Makanya saat terjadi gangguan tiroid, siklus menstruasi ikut terganggu. Jadi, saat siklus menstruasi kacau dan disertai dengan tubuh yang lesu, nggak bersemangat, dan mood berantakan, bisa jadi hal itu disebabkan oleh gangguan fungsi tiroid.

  1. Polycystic Oovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan reproduksi yang disebabkan karena kertidakseimbangan hormon dalam tubuh. Wanita pengidap PCOS biasanya memiliki kadar hormon seks (estrogen dan progesteron) yang tidak seimbang, kelebihan hormon androgen, dan memiliki kista kecil di dalam ovarium. Kondisi inilah yang akan mengganggu proses ovulasi, sehingga mengacaukan siklus menstruasi. Pada kondisi ini, kamu bisa mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak menstruasi selama beberapa bulan.

Itulah beberapa penyebab menstruasi nggak lancar yang perlu diketahui. Sebaiknya segera bicara pada dokter Halodoc jika kamu mengalami siklus menstruasi yang nggak lancar. Kamu juga disarankan untuk berbicara dengan dokter jika saat menstruasi mengalami pendarahan berlebih, nyeri tidak tertahankan, dan gejala premenstrual sydrome (PMS) lain yang sampai mengganggu aktivitas.

Untuk berbicara dengan dokter, kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

 

*Artikel ini pernah tayang di Doktergenz.hipwee.