19 July 2018

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Pepaya

manfaat biji pepaya,biji pepaya

Halodoc, Jakarta – Apabila kamu merasa sulit buang air besar, solusi utama untuk mengatasi hal ini biasanya dengan rajin memakan buah pepaya. Kandungan serat dan airnya yang cukup banyak akan sangat ampuh membuat pencernaanmu lancar. Akan tetapi, kebanyakan orang pasti hanya mengambil buahnya dan langsung membuang biji pepaya tersebut, karena dianggap tidak berguna sama sekali. Jangan salah dulu, setelah membaca artikel ini kamu pasti akan berpikir dua kali saat hendak membuang biji pepaya.

Bagi mereka yang pernah mengonsumsi biji pepaya, mereka pasti sepakat kalau rasa dari biji pepaya tersebut sangat unik. Biji pepaya memiliki rasa yang kuat, seperti persilangan antara mustard dan merica hitam. Apabila kamu bisa mengatasinya, biji pepaya akan memberikan efek yang sangat hebat untuk menjaga kesehatanmu. Nah, berikut ini manfaat biji pepaya yang perlu kamu ketahui:

  1. Membunuh Parasit dalam Sistem Pencernaan

Biji pepaya mengandung senyawa alkaloid yang bernama karpain dan kandungan enzim proteolitik yang sangat tinggi. Zat tersebut telah dikenal luas sangat ampuh membunuh cacing serta parasit yang berada dalam usus. Banyak penelitian juga mendapati bahwa anak-anak di Nigeria dapat terbebas dari parasit hingga 75 persen berkat mengonsumsi jus biji pepaya secara teratur selama 1 pekan.

  1. Menghilangkan Uban

Kamu yang merasa penampilannya terganggu karena sudah munculnya uban dapat mencoba biji pepaya untuk menghilangkan uban. Kamu dapat menumbuk halus biji pepaya yang telah dikeringkan hingga menjadi bubuk, kemudian gunakanlah secara rutin pada saat keramas lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ubanan, Ini Penyebabnya

  1. Mengobati Sirosis Hati

Sirosis hati adalah ujung dari berbagai penyakit hati kronik seperti hepatitis, alcoholic liver, fatty liver, dan lain-lain. Akibat kondisi ini, maka hati akan menyusut dan mengeras. Jika sudah seperti ini, hati tidak akan efektif untuk menghilangkan racun dari tubuh, sehingga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Nah, manfaat biji pepaya salah satunya adalah dapat mengobati sirosis hati tersebut. Kamu dapat menggiling sekitar lima biji pepaya kering dalam gilingan merica. Campurkan dengan satu sendok makan air jeruk nipis segar. Namun, agar lebih aman, kamu dapat mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat biji pepaya yang selanjutnya yakni dapat digunakan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya, termasuk antioksidan, dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuhmu, sehingga kamu tidak akan mudah terjangkit penyakit.

  1. Kontrasepsi Alami

Biji pepaya ternyata juga telah dikenal orang-orang India dan Asia Tenggara untuk mengontrol kesuburan, baik itu pria atau wanita, tanpa efek samping. Namun, bagi wanita yang sedang atau pun ingin segera hamil, ada baiknya tidak mengonsumsi biji pepaya. Larangan serupa juga berlaku untuk ibu menyusui karena sifat anti-parasit dalam biji pepaya cukup kuat, sehingga bisa melukai saluran cerna bayi.

Sedangkan untuk kaum pria, mengonsumsi 1 satu sendok teh biji pepaya bubuk setiap hari selama 3 bulan bisa mengurangi produksi sperma secara signifikan, tanpa memengaruhi libido. Namun, untungnya dampak di atas bersifat sementara. Saat konsumsi dihentikan, maka kesuburan seseorang akan kembali normal.

Baca juga: 9 Cara Efektif Mencegah Kehamilan dengan Kondom

Nah, tadi sudah disebutkan beragam manfaat biji pepaya bagi tubuh. Setelah ini, pastikan agar kamu agar selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari, ya. Jika mengalami masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dokter untuk membahas masalah kesehatan melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!