05 November 2017

Jangan Panik! Ini Dia 9 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

Jangan Panik! Ini Dia 9 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

Halodoc, Jakarta - Bayi terlihat tenang saat sedang tidur, tetapi karena suatu sebab, bayi bisa menangis dengan nyaringnya. Bagi para ibu jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi menangis. Mendengar bayi menangis tanpa henti akan membuat para orang tua ibu khususnya merasa panik dan stres. Dengan mengetahui penyebab tangisan dapat meredakan panik dan stres. Selain itu, jauh lebih mudah juga bagi kamu untuk mencari cara mengatasi bayi menangis jika sudah mengetahui apa yang membuatnya tidak nyaman sampai menangis.  Menenangkan atau mengatasi bayi menangis adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan bayimu. Dengan begitu, kamu akan berusaha mencari tahu lingkungan seperti apa yang membuatnya lebih nyaman dan tenang.

Cara bayi berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu adalah dengan menangis entah itu merasa tidak nyaman atau merasa lapar dan haus. Berikut cara ampuh mengatasi bayi menangis:

1.  Bedong
Bedong bayi dengan kain khusus. Dengan dibedong dapat mencegah tubuh bayi berkedut dan membantu mereka tertidur serta merasa lebih hangat.

2.  Posisi Telungkup
Coba mengubah posisi tidur bayi seperti waktu di dalam rahim yaitu posisi telungkup atau meringkuk itu akan membuatnya sedikit lebih nyaman.

3.  Berbisik Suara Sshhh
Membisikkan suara “sshhh” dapat menenangkan bayi terutama bayi baru lahir karena mirip dengan desingan yang melingkupi dirinya selama di dalam rahim. Selain itu, jangan ragu untuk berbicara dengan suara pelan dan tenang pada bayimu. Penelitian menyebutkan bahwa nada suara ibu adalah cara paling efektif untuk menenangkan bayi. Pastikan suara ‘sshhh’ yang kamu keluarkan lebih kencang dari suara tangisan bayi, agar bayi mendengarnya.

4.  Mengayun
Bayi senang gerakan-gerakan ketika mereka digendong seperti dalam perut kamu. Kamu bisa mulai dengan mengambil kain gendongan dan kemudian buat gerakan mengayun untuk menenangkan bayi menangis.

5.  Mengisap
Mengisap dot atau jari adalah relaksasi yang baik untuk bayi. Cara ini tidak disarankan dilakukan pertama kali saat mengatasi bayi menangis, dianjurkan untuk mencari tahu terlebih dulu apa penyebab bayi menangis,

6.   Sentuhan Lembut
Sentuhan bisa menstimulasi reseptor perasaan nyaman di otak bayi. Penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan lembut di sepanjang tubuhnya lebih efektif dibandingkan sentuhan pendek dengan gerakan cepat. Sentuh juga pipi, punggung, kaki, atau perut bayi. Atau bisa juga dengan memberikan pijatan lembut pada bayi.

7.  Bernyanyi
Nyanyikan lagu bertempo lambat dengan suara tenang dan pelan. Tubuh manusia merespons musik dengan cara menyamakan denyut jantung serta indera perasa sesuai dengan tempo musik yang didengar.

8.  Mandi
Suara air yang mengalir dan hangatnya air di kulit dapat menjadi solusi untuk mengatasi bayi menangis. Kamu bisa ikut mandi bersamanya karena kontak kulit juga bermanfaat membuat bayi merasa lebih tenang.

9.  Tetap Tenang Jangan Panik
Bayi dapat merasakan ketegangan yang ibu rasakan dan cenderung bereaksi terhadap hal tersebut. Semakin kamu tenang dan tidak panik karena tangisan bayimu, maka bayi akan lebih mudah tenang juga.


Jika bayi menangis terus menerus walaupun telah berusaha menenangkannya dan kamu melihat beberapa tanda atau gejala yang aneh, maka jangan ragu untuk menghubungi dokter anak. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc tanpa harus keluar rumah. Video, voice call atau chat kamu bisa pilih salah satu untuk berbicara kepada dokter. Kamupun bisa membeli keperluan medis pada layanan Apotik Antar yang akan diantar hanya dalam 1 jam saja. Tunggu apa lagi download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.

BACA JUGA: Waspada Bayi Rewel Karena Kolik Infantil