01 February 2018

Jenis-jenis Sisir untuk Gaya Rambut Memukau

Jenis-jenis Sisir untuk Gaya Rambut Memukau

Halodoc, Jakarta – Rutinitas menyisir rambut sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setelah mencuci rambut, maupun sebelum pergi beraktivitas. Kebiasaan baik yang seringkali dianggap enggak penting ini sebenarnya sangat bermanfaat, lho.

Kebanyakan orang mengira bahwa merawat rambut hanya dilakukan dengan cara mencuci rambut secara rutin dengan menggunakan sampo, creambath, atau mengaplikasikan hair mask atau hair spa saja. Padahal, menyisir juga merupakan bagian dari perawatan rambut lho. Selain itu, menyisir rambut juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan seperti:

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Menyisir dari kulit hingga ujung kepala dapat melancarkan peredaran darah dan membantu penyaluran nutrisi dan oksigen ke akar, batang, dan ujung rambut. Sehingga hasilnya, rambut akan tampak lebih berkilau. Selain itu, menyisir juga membantu menstimulasi kelenjar minyak untuk memproduksi minyak. sehingga rambut menjadi lembap dan tidak mudah rontok. (Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami).

  • Membersihkan Rambut

Menyisir rambut dapat membantu membersihkan kulit kepala dari berbagai macam kotoran yang melekat di dalamnya, seperti debu atau ketombe. Dengan rajin menyisir rambut setiap hari, rambut juga jadi rapi dan bersih, bukan?

  • Meningkatkan Ketebalan dan Kekuatan Rambut

Menyisir dapat membuat rambut lebih kuat, karena saat menyisir, akar rambut akan tertarik hingga bawah dan hal tersebut akan membantu memperkuat rambut. Menyisir dengan cara yang benar juga dapat membuat rambut terlihat lebih tebal.

  • Mengatasi Rambut Kusut

Selain terlihat tidak rapi, rambut yang kusut pun dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Jadi, rajin-rajinlah menyisir rambut untuk meluruskan rambut yang kusut. Manfaat lainnya dari menyisir adalah untuk membantu menghilangkan zat-zat kimia yang berasal dari sampo dan kondisioner. Bahan kimia yang dibiarkan mengendap di kepala dapat membuat rambut menjadi kasar dan kusam. Karena itu, sangat penting untuk menyisir rambut secara rutin.

Jenis-Jenis Sisir dan Kegunaannya

Berikut adalah beberapa jenis sisir dan kegunaannya masing-masing yang dapat membuat rambut tampak memukau, serta mengatasi masalah rambut yang kamu alami:

1. Paddle Brush

Jika rambut sering kusut setelah dikeramas, maka paddle brush adalah jenis sisir yang cocok untuk kamu. Memiliki bentuk yang lebar, paddle brush dapat merapihkan kembali rambut yang kusut.

2. Vent Brush

Jenis sisir yang memiliki rongga-rongga kosong ini sangat cocok digunakan bersamaan dengan hair dryer. Angin panas dari hair dryer dapat melewati rongga-rongga vent brush, sehingga dapat mempercepat pengeringan rambut. Namun, sisir ini sangat sulit digunakan untuk menata rambut.

3. Round Brush

Ingin membuat rambut tampak bervolume tanpa alat styling? Gunakan saja round brush. Sisir berbentuk bulat ini dapat membuat rambutmu tampak berisi secara alami. Semakin besar lingkarannya, semakin besar gelombang yang bisa dihasilkan.

4. Tall Comb

Sisir yang bergigi rapat-rapat dengan ujung sisir yang runcing ini sering dipakai untuk menata rambut. Mulai dari menata belahan rambut, menyasak, hingga mengepang rambut, semua dapat dilakukan dengan menggunakan tall comb.

5. Wide Tooth Comb

Jenis sisir ini adalah sahabat pemilik rambut keriting. Dengan jarak gigi yang besar-besar, rambut keriting akan lebih mudah disisir dengan menggunakan wide tooth comb. Sisir ini juga cocok digunakan untuk menyisir rambutmu yang masih basah setelah keramas, agar rambut dapat terurai dengan rapih tanpa membuatnya rontok.   

Gunakan jenis sisir yang sesuai dengan jenis rambutmu agar hasilnya lebih memukau. Jika kamu mengalami masalah rambut rontok yang sangat parah, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan di Halodoc dan pesananmu akan segera diantarkan dalam satu jam. Kini, Halodoc juga sudah memiliki fitur Lab Service yang akan memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.