Jenis Olahraga Musim Dingin yang Perlu Dicoba Saat Liburan

Jenis Olahraga Musim Dingin yang Perlu Dicoba Saat Liburan
OLAHRAGA 13 March 2018

Halodoc, Jakarta – Walaupun di Indonesia tidak ada musim dingin, tidak ada salahnya kamu mencoba variasi  olahraga musim salju ini. Hitung-hitung alternatif latihan olah tubuh di saat liburan. Dr Sandra Wheatley, pakar psikologi kesehatan mengatakan melewatkan olahraga di hari libur justru akan menekan motivasi dan membiasakan kamu untuk melewatkan olahraga.

Sebaliknya, konsisten berolahraga meski di waktu libur akan menjadi semacam mood booster buat kamu mencoba alternatif latihan dan nuansa yang berbeda. Yuk, coba cek di sini olahraga musim dingin yang perlu dicoba saat liburan.

  1. Ice Skating

Mungkin kesan pertama yang kamu dapatkan saat mendengar ice skating adalah permainan biasa. Padahal olahraga musim dingin ini termasuk latihan yang membakar lemak dengan manfaat yang lebih spesifik seperti melatih keseimbangan tubuh lebih baik, membentuk otot kaki, melatih fleksibilitas dan menghilangkan stres.

  1. Skiing

Berencana menghabiskan liburan ke Eropa ataupun di daerah ketinggian bersalju? Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba olahraga skiing ya. Ternyata olahraga musim dingin ini termasuk kategori latihan untuk kardiovaskular, dapat membakar kalori, menurunkan berat badan, melatih kerja jantung dan paru-paru plus memperkuat otot tubuh bagian bawah. Wah, senang-senang bermanfaat juga kan? (Baca juga Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman)

  1. Ice Climbing

Buat kamu penggemar olahraga yang memompa adrenaline, ice climbing yang paling tepat buatmu. Tapi, pastikan sebelum melakukannya kamu sudah terbiasa melakoni olahraga panjat tebing, naik gunung serta olahraga lainnya yang menantang kesiapan fisik dan mental yang tangguh.

  1. Ski Biking

Kalau biasanya kamu bersepeda di trek yang datar atau di hutan dengan pemandangan pepohonan dan gundukan tanah becek, ski biking akan membuat kamu merasakan sensasi bersepeda di ketebalan salju. Tentunya, sepeda yang digunakan adalah sepeda khusus dengan roda seperti papan seluncuran yang lebih bersahabat di permukaan es.

  1. Ice Diving

Diving di Raja Ampat mungkin sudah biasa buat kamu, tapi sudahkah kamu mencoba olahraga musim dingin seperti ice diving? Menyelam di bawah lautan es ketika para mahkluk laut sedang hibernasi apa yang menyenangkan dari situ? Ternyata pencahayaan di kedalaman laut saat berada di titik terendah berbeda ketika di suhu normal. Keheningan dan kesenyapan di bawah es juga menjadi sensasi dan tantangan tersendiri buat penyuka olahraga adventurer.

Melakukan olahraga meski matahari sedang tidak bersinar seperti biasanya memiliki efek-efek positif, seperti:

  • Meningkatkan imunitas tubuh tak hanya adaptasi tubuh dengan diferensiasi olahraga yang berbeda tetapi juga suhu yang drastis.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh tidak membiasakan tubuh untuk stuck di satu jenis latihan dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berdampak pada kesehatan dan juga berat badan ideal.

Punya pertanyaan soal berat tubuh ideal dan hal-hal seputar kesehatan lainnya? Bisa didiskusikan langsung dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  • Sehat sekaligus fun melakukan olahraga di musim dingin kamu tidak hanya mendapatkan sehatnya tetapi juga fun. Bermain di salju, menikmati pemandangan outdoor saat separuh bumi tertutupi salju, pasti menjadi pengalaman menyegarkan buat mata yang sehari-hari memandang gedung-gedung tinggi.
  • Menjajal kemampuan diri ketika kamu tidak membatasi kemampuan fisik, kamu bakal terkejut ketika sadar ternyata fisikmu bisa lebih kuat dari yang kamu sangka-sangka selama ini.
  • Supaya tidak bosan dan jenuh melakukan olahraga yang itu-itu saja. Ketika kamu selalu melakukan olahraga yang itu-itu saja, akan timbul rasa jenuh dan bisa jadi mengendorkan semangat untuk berolahraga. Melakukan olahraga musim dingin bisa jadi variasi untuk kejenuhan olahraga monoton kamu.

 


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya