Kapan Waktu Terbaik Berhubungan Intim Saat Puasa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kapan Waktu Terbaik Berhubungan Intim Saat Puasa?

Halodoc, Jakarta – Hasrat berhubungan intim terkadang datang mendadak, bahkan ketika sedang menjalani puasa. Kondisi ini menjadi banyak perdebatan karena berhubungan intim bisa membatalkan puasa. Itu mengapa bagi pasangan suami istri (pasutri) baru diperbolehkan berhubungan intim setelah berbuka.

Baca Juga: 6 Tips Menahan Keinginan untuk Berhubungan Intim

Waktu terbaik bagi pasutri untuk berhubungan intim adalah pada malam hari sekitar pukul sembilan malam. Waktu tersebut dianggap ideal karena umat Muslim sudah tidak lagi makan atau beribadah (seperti salat Tarawih). Sebaiknya pasutri tidak berhubungan intim terlalu malam karena bisa mengganggu waktu tidur hingga menyulitkan bangun sahur.

Manfaat Berhubungan Intim

Berhubungan intim bukan sekadar melepaskan hasrat seksual. Pasalnya aktivitas ini punya banyak manfaat bagi kesehatan selama dilakukan secara aman (safe sex), sehingga boleh dilakukan setelah buka puasa.

Manfaat berhubungan intim antara lain mencegah sakit jantung, tidur lebih nyenyak, meningkatkan fungsi otak, mencegah penuaan, membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi stres, membakar kalori, memperkuat daya tahan tubuh, dan meningkatkan suasana hati (mood).

Baca Juga: 5 Tips Berhubungan Intim Sehat Saat Berpuasa

Tips Berhubungan Intim Setelah Buka Puasa

Berikut beberapa tips sebelum berhubungan intim saat puasa:

  • Atur waktu: Ingat bahwa berhubungan intim sebaiknya dilakukan pada malam hari setelah berbuka puasa.
  • Persingkat durasi: Setelah berhubungan intim pada malam hari, besok pagi kamu tetap perlu bangun sahur. Jadi, usahakan untuk tidak terlalu malam atau pastikan bahwa kamu dan pasangan bisa bangun sahur.
  • Jaga asupan gizi: Makan secukupnya sesuai kebutuhan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, mulai dari karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.
  • Mandi junub: Jangan lupa untuk mandi junub setelah berhubungan intim. Kamu bisa mandi junub menjelang waktu sahur atau sebelum salat Subuh agar tubuh dalam kondisi suci kembali.

Menahan Hasrat Seksual Saat Sedang Berpuasa

Mengingat hasrat seksual bisa tiba-tiba muncul di tengah aktivitas berpuasa, kamu dan pasangan perlu menyiasatinya dengan tips berikut:

  • Minimalisir kontak fisik. Misalnya dengan membatasi kontak fisik dengan pasangan.
  • Hindari percakapan "menjurus". Kamu dan pasangan mungkin sering bercanda hingga tanpa sadar berada di tengah percakapan yang bisa meningkatkan hasrat seksual. Maka itu, ada baiknya kamu dan pasangan menghindari percakapan "menjurus" saat sedang berpuasa.
  • Menyibukkan diri. Ketika hasrat seksual datang menggoda, segera alihkan. Jangan malah dibiarkan hingga muncul fantasi seksual yang berpotensi membatalkan puasa. Lebih baik menyibukkan diri dengan kegiatan lain untuk perbanyak pahala saat berpuasa.

Baca Juga: Kencan Setelah Buka Puasa? Ini Tipsnya!

Itulah fakta tentang berhubungan intim setelah buka puasa. Jika kamu atau pasangan sering kesulitan menahan hasrat seksual hingga mengganggu aktivitas berpuasa, segera bicara dengan dokter Halodoc karena bisa jadi, kondisi ini menjadi tanda adanya masalah seksual.

Kamu juga bisa membicarakan keluhan kesehatan yang dialami selama berpuasa, misalnya batuk, pilek, radang tenggorokan, dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!