17 November 2017

Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar

Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar

Halodoc, Jakarta – Selain membuat saluran pernafasan jadi enggak nyaman, flu saat hamil juga bisa memengaruhi kondisi psikologi si kecil di masa depan, lho. Ibu hamil yang mengalami flu tidak hanya merasakan pengaruhnya pada kondisi fisiknya sendiri, tapi juga si kecil dalam kandungan. Hanya saja, efek bagi si kecil justru dirasakan ketika ia lahir.

Tim psikiater Alan Brown dalam JAMA Psychiatry, menyatakan bahwa ibu hamil yang terkena flu akan berisiko memiliki bayi bipolar 4 kali lebih besar dibandingkan ibu yang tidak terkena flu saat hamil. Dilansir dari Fox News, hasil persentasenya adalah sekitar 3-4 persen. Umumnya anak yang terkena bipolar ini akan didiagnosis pada saat usianya menginjak remaja hingga rentang usia awal 20-an. Ganggaun psikologis ini bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan suasana hati yang drastic. Misalnya dari perasaan bahagia tiba-tiba menjadi marah hingga sedih.

Untuk menghindarinya, Alan Brown menyarankan untuk segera menemui dokter agar diberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi flu. Jika memang harus mengonsumsi obat, maka dokter akan memberikan dosis yang tepat agar risiko anak terkena gangguan bipolar di masa depan bisa dikurangi.

Meski demikan, sebenarnya si kecil dalam kandungan pun masih sensitif terhadap obat-obatan kimia. Ingat, si kecil mengambil nutrisi dari tubuh ibu jadi apa yang dimakan ibu tentu dapat ia rasakan juga. Nah, beberapa cara lain untuk mengatasi flu adalah dengan bahan alami yang tidak berbahaya. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu jika terkena flu, yaitu:

1. Banyak Minum
Flu biasanya terjadi karena pengaruh udara dingin atau pergantian musim. Nah, biasanya ketika udara udara dingin, ibu jadi lebih sering buang air kecil. Jadi sebaiknya tambah asupan cairan namun hindari air dingin, ya. Air hangat lebih baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan si kecil.

2. Konsumsi Sup
Konsumsi makanan sehat membantu ibu untuk menjaga kondisi kesehatannya. Pilih sup hangat untuk memberikan kehangatan ke sekujur tubuh dan bisa membantu untuk mengurangi gejala flu dan batuk juga.

3. Steam
Cara ini dilakukan untuk mengurangi sakit kepala dan juga membersihkan hidung dari lendir. Kamu bisa menampung air panas dalam wadah lalu ambil handuk dan hirup uap panasnya. Sambil meletakkan kepala di atas uap panas dan menutupi bagian kepala.

4. Masala Tea
Teh asal India ini berisi rempah-rempah seperti cengkeh dan daun herbal lainnya. Masala tea merupakan bagian dari pengobatan tradisional di India untuk mengatasi rasa dingin pada wanita yang sedang hamil.

5. Buang Lendir
Jangan simpan lendir ketika batuk dan flu. Keluarkan lendir sebanyak mungkin agar flu tidak berlarut-larut. Lendir akibat flu ini merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan bakteri atau kotoran yang masuk ke dalam tubuh.

Saat sakit, jangan tunda sembuhnya namun segera datangi dokter. Jika kesulitan keluar rumah gunakan aplikasi Halodoc agar bisa bicara langsung dengan dokter. Dokter Halodoc dapat memberikan rekomendasi pemeriksaan kesehatan sebelum datang langsung ke rumah sakit. Ada banyak dokter di Halodoc yang siap membantu dan kamu pun bisa menghubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen dengan Halodoc. Pesanan kamu akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.