10 April 2018

Kenalan dengan Diet Weight Watchers untuk Turunkan Berat Badan

Kenalan dengan Diet Weight Watchers untuk Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Siapa bilang diet itu selalu identik dengan menyiksa diri sampai kelaparan? Berbeda dari kebanyakan metode diet lainnya, diet Weight Watchers justru memperbolehkan kamu mengonsumsi makanan apapun yang kamu sukai. Meski demikian, metode diet ini tetap efektif turunkan berat badan. Banyak artis Hollywood yang sudah mencoba metode diet ini dan berhasil menurunkan berat badannya. Mulai dari Oprah Winfrey yang berhasil menurunkan 42 kilogram, Jessica Simpson berhasil turun 30 kilogram, DJ Khaled, Jennifer Hudson, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2017, diet Weight Watchers juga dinobatkan sebagai metode diet terbaik keempat dalam dunia diet. Penasaran dengan diet Weight Watchers? Ini ulasannya.

Sistem Smart Points

Diet  Weight Watchers tidak hanya berfokus pada penghitungan kalori untuk menurunkan berat badan, karena tidak semua kalori diciptakan setara. Misalnya, mengonsumsi 200 kalori ayam rendah lemak tidak sama dengan mengonsumsi 200 kalori permen gummy bear. Walaupun jumlah kalorinya sama, tapi nutrisinya berbeda. Dibanding menghitung kalori, Weight Watchers menggunakan sistem menghitung poin bernama Smart Points dimana setiap makanan diberi nilai poin berdasarkan pada 4 kategori, yaitu kalori, lemak jenuh, gula dan protein.

Smart Points ini sama seperti “budget”. Banyak orang sangat ahli menyusun budget keuangan mereka, tapi tidak bisa mengaplikasikan hal yang sama terhadap makanan mereka. Contohnya, kamu biasanya akan menaruh kembali barang yang harganya sangat mahal, tapi mungkin tidak akan berpikir dua kali ketika mengonsumsi makanan yang kaya akan gula dan lemak jenuh. Jadi, Smart Points adalah sistem budget untuk mengatur asupan yang kamu konsumsi, dimana kalori menjadi satuan nilainya. Asupan protein adalah makanan dengan “harga” yang murah atau memiliki poin yang rendah. Ini artinya makanan berprotein dinilai lebih sehat dan kamu boleh mengonsumsinya dalam porsi yang lebih banyak. Sedangkan asupan lemak jenuh dan gula membuat makanan berharga sangat mahal, sehingga kamu sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat sedikit.

Kepala Staf Weight Watcher Garry Foster, PhD, menambahkan bahwa Weight Watcher mendorong pengikutnya untuk memiliki pola makan yang lebih sehat, yaitu mengonsumsi lebih banyak protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran, serta sedikit gula dan lemak jenuh. Semua buah segar dan sebagian besar sayuran bernilai 0 dalam Smart Points, jadi kamu bebas mengonsumsi sebanyak yang kamu mau.

Namun, budget Smart Points yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, tergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi badan dan berat badan mereka, yang menentukan seberapa banyak kalori yang boleh mereka konsumsi setiap harinya agar berat badan dapat berkurang dalam batasan yang aman.

Keuntungannya: Masih Bisa Makan Enak

Hal lainnya yang membuat banyak orang semakin tertarik dengan jenis diet ini adalah kamu tidak dilarang mengonsumsi kelompok makanan tertentu. Tapi, justru karena itu, Weight Watcher menjadi metode diet yang realistis untuk dilakukan, sehingga orang bisa menurunkan berat badannya tanpa perlu merasa tersiksa. Oprah, contohnya. Siapa yang tidak tahu bahwa Oprah sangat suka sekali dengan roti. Dan ia sangat bahagia begitu tahu bahwa ia tetap bisa makan roti di diet Weight Watcher ini.  Foster menjelaskan bahwa anggota Weight Watcher bisa menyesuaikan program diet dengan kebutuhan tubuh mereka. Bahkan dalam metode diet ini, ada “tunjangan” untuk porsi makan yang lebih besar, momen-momen dimana kamu harus makan di luar rumah, dan kemewahan akhir pekan. U.S News menyadari bahwa kunci keberhasilan diet Weight Watcher ini ada pada menu makanan yang realistis dan bisa dijalankan dalam jangka panjang.

Atur Menu Makan Sendiri

Melalui diet Weight Watchers, kamu belajar tentang jenis makanan apa yang terbaik dan terburuk untuk dietmu dan tubuhmu. Kamu pun akan memiliki pengertian yang lebih baik lagi tentang makanan, nutrisi, dan penurunan berat badan.

Kamu juga bisa menentukan cara makan terbaik yang sesuai dengan kemampuan kamu. Ada dua cara makan dalam diet Weight Watcher ini, Smart Points atau No Count. Kalau kamu memilih Smart Points, kamu bisa mengonsumi makanan apa saja yang kamu sukai dan tidak ada makanan yang dilarang dalam menu. Tapi ingat, makanan yang kamu konsumsi tidak boleh melebihi “budget” harian atau mingguan yang sudah ditetapkan untuk penurunan berat badanmu. Sedangkan cara No Count akan membebaskan kamu dari menghitung dan mengontrol apapun. Kamu hanya perlu berfokus pada daftar yang berisi sejumlah makanan sehat.  Selama kamu hanya berpaku pada daftar makanan sehat tersebut, kamu tidak perlu menghitung dan mengontrol apapun.

Tertarik mencoba diet Weight Watcher? Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang diet Weight Watcher, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.