Kenali 7 Masalah yang Dihadapi Si Kecil Zaman Now

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali 7 Masalah yang Dihadapi Si Kecil Zaman Now

Halodoc, Jakarta – Anak-anak zaman now ini tak ada bedanya dengan orang dewasa, menyukai yang namanya kemudahan teknologi. Tapi, anak-anak zaman sekarang seperti enggak bisa jauh dari gadget. Jadi enggak mengherankan kalau ada beberapa orang kadang menganggap bahwa “anak zaman now” memang berbeda dengan anak muda generasi sebelumnya. (Baca juga: 9 Kiat Mengatasi Anak yang Sulit Makan)

  1. “Penjajahan” Teknologi

Tidak bisa dipungkiri teknologi sudah melekat erat di nadi. Teknologi memang membuat segala sesuatunya jadi lebih mudah. Tapi ternyata teknologi seolah melakukan “penjajahan” dalam arti memberikan dampak ketergantungan yang berbahaya. Problem anak zaman sekarang adalah keterikatan pada internet yang mengganggu aktivitas harian sehingga bisa melewatkan hal-hal penting seperti belajar bahkan beristirahat.

  1. Akses Informasi yang Tanpa Batas

Dampak teknologi adalah banyaknya arus informasi yang sulit untuk disaring. Masalahnya ketika Si Kecil mendapat paparan informasi terlalu banyak tanpa dibekali pendidikan literasi, anak menjadi sulit membedakan mana informasi yang benar mana yang hoaks. Ini termasuk permasalahan anak zaman sekarang yang paling berisiko. Karena informasi yang kurang tepat berpotensi memicu perilaku yang salah pada anak.

  1. Terlalu Materialistis

Pola pikir materialistis ini mungkin saja muncul karena kebiasaan sebagian orangtua yang memberi iming-imging imbalan agar Si Kecil berprestasi. Tanpa disadari, ketika melakukan segala sesuatunya, anak cenderung mengharapkan imbalan. Imbalan yang dijanjikan orangtua menjadi satu-satunya dorongan anak untuk menyelesaikan tugas. Kebiasaan ini akan membuat anak menjadi materialistis.

  1. Terlalu Banyak Maunya

Problem anak zaman sekarang yang menjadi tantangan buat orangtua adalah ketika Si Kecil terlalu banyak maunya. Paparan internet, media sosial, iklan yang menawarkan berbagai bentuk barang, permainan, dan hiburan membuat anak menjadi pribadi yang terlalu banyak maunya. Minta ini dan itu. Belum lagi godaan teman sebaya yang mungkin lebih dimanjakan oleh orangtuanya, sehingga membuat anak iri. Orangtua perlu bersabar dalam memberikan pengertian kepada anak untuk membatasi permintaannya.

  1. Persaingan Prestasi dengan Teman Sebaya

Bisa dibilang kondisi sekarang membuat persaingan prestasi anak zaman sekarang lebih susah ketimbang era dulu. Perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan kreativitas seolah memaksan Si Kecil untuk melampaui usianya. Makanya, orangtua sudah selayaknya aktif membantu anak memperbarui proses belajar mengikuti era sekarang.

  1. Tuntutan Kemampuan Berbahasa Asing

Salah satu problem anak zaman sekarang adalah tuntutan untuk memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni. Tak jarang orangtua mendengar anak-anak yang masih duduk di TK sudah fasih berbahasa asing. Agar tidak ketinggalan, orangtua perlu memberi pemahaman kepada anak tentang pentingnya bahasa asing.

  1. Kurang Mengenal Tradisi

Banyaknya pengaruh global masuk ke Indonesia membuat anak-anak zaman now kurang mendapat edukasi mengenai negerinya sendiri. Bisa jadi inilah problem sesungguhnya yang dihadapi Si Kecil zaman sekarang. Walaupun perkembangan dunia informasi, edukasi, dan teknologi  semakin mendunia, anak tetap harus kembali ke “akarnya”. Di sinilah peran orangtua untuk membuat anak tetap lebih mencintai budayanya sendiri.

Kalau ibu pengin tahu lebih banyak mengenai tantangan yang dihadapi Si Kecil Zaman Now serta hal-hal lain yang mengiringi tumbuh-kembangnya, ibu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orangtua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.