05 June 2018

Kenali Gejala Kista Ovarium

Kenali Gejala Kista Ovarium

Halodoc, Jakarta – Cukup banyak wanita yang memiliki kista ovarium. Sebagai salah satu penyakit yang sering menyerang wanita, kista ovarium bisa berkembang menjadi tumor atau kanker ovarium. Kista ovarium terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal berupa kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium (indung telur). Kamu bisa mengenali kista ovarium dari gejala yang ditimbulkannya.

(Baca juga: 10 Hal ini Bisa Menyebabkan Kista Ovarium)

Tiap wanita memiliki dua indung telur yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Organ ini fungsinya buat menghasilkan sel telur setiap bulan (mulai dari masa pubertas sampai menapouse), juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Namun terkadang, ovarium mengalami gangguan, seperti gangguan karena kista.

Kista ovarium digolongkan atas dua jenis utama. Pertama adalah kista fungsional. Kista ini biasa muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Jenis ini tergolong enggak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan kista fungsional, jenis kedua ini adalah kista patologis yang mengandung sel abnormal. Pada sebagian kasus, sel abnormal tersebut bersifat kanker.

Gejala Kista Ovarium

Umumnya, kista tidak menyebabkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Tapi pada beberapa kasus, kista bisa menjadi berukuran besar dan berisiko pecah serta mengakibatkan gejala serius, sehingga perlu segera dioperasi.

Ada beberapa gejala kista ovarium yang perlu kamu waspadai. Perdarahan yang lebih banyak dari biasanya pada saat menstruasi, siklus menstruasi yang tidak teratur, sulit hamil, rasa nyeri pada tulang panggul, rasa nyeri saat berhubungan seksual, serta kesulitan buang air kecil dan buang air besar. Jika kista ovarium sudah menyebabkan gejala, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Diskusikan dengan dokter ahli tentang keluhan yang kamu rasakan.

(Baca juga: Ketahui 6 Tanda Keputihan yang Tidak Normal)

Kamu juga bisa bertanya kepada para dokter profesional di aplikasi Halodoc tentang kista ovarium dan penyakit yang sering menyerang wanita lainnya. Kamu bisa menghubungi mereka melalui video/voice call atau chat. Di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli vitamin dan obat, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.