05 June 2018

Kenali Hidradenitis Supurativa dari Gejala Ini

Kenali Hidradenitis Supurativa dari Gejala Ini

Halodoc, Jakarta – Tidak seperti jerawat atau bisul biasa, hidradenitis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan timbulnya benjolan di bawah kulit di dekat kelenjar keringat. Penyebab hidradenitis supurativa adalah pembengkakan di kelenjar keringat akibat penyumbatan di kelenjar keringat dan folikel-folikel rambut. Bagaimana mengenali hidradenitis supurativa? Tanda dan gejala-gejala berikut bisa menjadi indikasinya.

(Baca juga: Mengapa Pengobatan Dini Hidradenitis Supurativa Penting?)

  • Benjolan dan lesi. Tanda pertama hidradenitis supurativa biasanya merupakan benjolan yang menimbulkan nyeri dan sakit di bawah kulit, seringkali pada bagian tubuh yang mengalami gesekan, seperti ketiak atau selangkangan. Benjolan bisa berlangsung selama beberapa minggu sampai berbulan-bulan sebelum terbelah menjadi abses yang mengeluarkan nanah. Benjolan lain kemudian bisa tumbuh di tempat yang sama atau di sekitarnya.
  • Terowongan. Jika kamu mengalami hidradenitis suppurativa selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, mungkin akan timbul beberapa benjolan yang dalam. Seiring waktu, terowongan atau saluran yang menghubungkan benjolan ini akan terbentuk di bawah kulit. Terowongan ini bisa membocorkan nanah secara spontan dari waktu ke waktu.
  • Komedo. Benjolan hitam kecil mungkin muncul di kulit pada tahap selanjutnya. Benjolan ini disebut komedo berkepala dua karena mereka sering berpasangan.
  • Bekas luka. Setelah gumpalan atau lesi mengalami regresi dan penyembuhan, bekas luka seperti parut bisa terbentuk di kulit.

Gejala-gejala di atas mungkin akan hilang secara spontan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian kembali lagi untuk jangka waktu yang panjang. Karena itu, jika kamu merasa mengalami gejalanya, sebaiknya lakukan penanganan sesegera mungkin.

(Baca juga: Mengobati Hidradenitis Supurativa dengan Antibiotik dan Hormon)

Kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli tentang gejala hidradenitis supurativa dan penyebab hidradenitis supurativa di aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya kepada para dokter melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat dan vitamin, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang ya.