26 April 2018

Kenapa Ibu Hamil Disarankan untuk Jalan Pagi

Kenapa Ibu Hamil Disarankan untuk Jalan Pagi

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil sangat disarankan melakukan jalan pagi sebagai alternatif olahraganya. Jalan kaki adalah latihan bermanfaat yang dapat membantu ibu menghilangkan ketidaknyamanan selama masa kehamilan. Idealnya 150 menit dalam seminggu adalah durasi yang disarankan. Kalau ibu masih ragu berikut adalah penjelasan kenapa ibu hamil disarankan jalan pagi.

  • Berjalan teratur selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko keguguran, cacat lahir, obesitas, bahkan diabetes gestasional.
  • Ibu hamil menjadi aktif dan membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan lebih tahan terhadap tantangan fisik selama masa kehamilan, nyeri saat persalinan dan pascakelahiran.
  • Berjalan dapat menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan mengencangkan otot sehingga meningkatkan kemampuan kepada fisik ibu hamil untuk membawa bayi dalam kandungan.
  • Membantu ibu hamil untuk menjalani persalinan dengan minim komplikasi.
  • Membebaskan ibu hamil dari sembelit yang umum dialami wanita hamil dan membantu tidur lebih nyenyak.
  • Membantu mengurangi depresi dan perubahan mood yang biasanya dialami para ibu hamil.

Setelah mengetahui manfaat jalan pagi, ada baiknya ibu hamil tahu juga hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ini tips untuk memulai jalan pagi sehat yang perlu diperhatikan. (Baca juga: 4 Mitos Ajaib Ibu Hamil yang Sudah Turun Temurun)

  • Bukan saatnya mengeset goal ataupun memikirkan pencapaian durasi dan ketahanan tubuh. Melakukan jalan pagi dilakukan ibu hamil semata untuk kesehatan. Sebaiknya, singkirkan dulu jiwa persaingan ibu hamil dan fokuskan aktivitas pada kegiatan ataupun latihan untuk kesehatan ibu hamil.
  • Berhati-hati terhadap perut yang membesar karena ini akan membuat langkah ibu hamil semakin sulit. Jangan memaksakan diri untuk menyelesiakan latihan kalau ibu merasa tidak nyaman atau terlalu lelah. Tidak masalah jika ibu mengambil istirahat beberapa kali saat latihan kalau ibu merasa lelah. Ibu bisa lanjutkan kembali saat sudah merasa cukup istirahat.
  • Perhatikan juga cuaca, jangan melakukan jalan pagi saat cuaca terlalu panas atau mendung yang membuat ibu hamil berkeringat terlalu banyak, atau bahkan kehujanan.
  • Pilih area yang aman dan menyenangkan untuk jalan. Jangan jalan pagi di tempat yang terlalu ramai sehingga ibu harus banyak berupaya menghindari keramaian pejalan kaki atau pengendara. Pilihlah area taman atau jalan kompleks yang lapang dengan pohon-pohon rindang dan trek yang nyaman untuk ibu berjalan.
  • Tingkatkan durasi secara bertahap, jangan langsung melakukan jalan pagi dengan durasi terlalu lama, semisal satu jam. Kelelahan juga tidak baik untuk kesehatan ibu. Apalagi kalau sebelumnya ibu tergolong orang yang jarang olahraga. Mulailah dengan durasi pendek. Ketika sudah nyaman, tingkatkan dan tetapkan di satu durasi saja, misalnya 30 menit atau 45 menit.
  • Tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Bawalah bekal air minum dan handuk supaya jalan pagi ibu tidak terganggu rasa haus ataupun keringat.

 

Sebenarnya bukan hanya jalan pagi saja yang baik untuk ibu lakukan, beberapa jenis olahraga lainnya seperti yoga dan aerobik juga bisa dilakukan selama tidak membuat ibu kelelahan berlebihan.

Kalau ingin tahu lebih banyak kenapa ibu hamil disarankan jalan pagi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.