24 November 2017

Ketahui Waktu Belajar Bahasa & Menulis Balita

Ketahui Waktu Belajar Bahasa & Menulis Balita

Halodoc, Jakarta – Ibu mungkin bertanya-tanya kapan kiranya kemampuan berbahasa Si Kecil akan terbentuk. Namun sebenarnya, kemampuan bahasa Buah Hati ibu sudah dimulai sejak ia di dalam kandungan. Ketika ibu menjalin komunikasi dengan menyapa dan mengajak bicara ketika ia di dalam kandungan, Si Kecil sudah “merekam” bahasa ibu itu. Setelah dilahirkan, kemampuan berbahasanya pun akan semakin meningkat.

Lalu seperti apa tepatnya perkembangan berbahasa Si Kecil? Umumnya, memasuki usia 1-2 tahun, kemajuan berbahasa balita akan meningkat. Pada usia ini juga, orang tua akan bisa mengetahui kemampuan berbahasa Si Kecil apakah sesuai usia atau terlambat. Jika diketahui bahwa Si Kecil mengalami keterlambatan berbicara atau perkembangannya tidak sesuai usia, maka sebaiknya segera dilakukan terapi untuk Si Kecil. Sedangkan untuk kemampuan menulis, itu berkaitan dengan motorik Si Kecil. Dan kemampuan ini dapat berkembang sesuai dengan peningkatan kemampuan berbahasa Si Kecil.

Belajar Bahasa & Menulis
Untuk mengajarkan anak belajar berbahasa yang baik, sebenarnya mudah. Ibu bisa membiasakan diri untuk berbicara dengan bahasa dan kata-kata yang baik kepada Si Kecil. Gunakan gaya bahasa yang formal dan sopan, sehingga Si Kecil pun terbiasa dengan bahasa Ibu yang baik. Biasakan juga anak mengucapkan kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih”, dengan begini kemampuan berbahasa Si Kecil akan meningkat.

Trik untuk Memperkenalkan Bahasa pada Anak
Dalam bahasa Indonesia, dikenal dua gaya bahasa yang formal dan kasual. Jika bisa, terapkan gaya bahasa ini pada anak dengan metode satu bahasa, satu orang tua. Misalnya ketika berbicara dengan ibu, anak akan diajarkan dengan gaya bahasa yang lebih kasual. Sedangkan ketika bersama ayah, gaya bahasa akan lebih formal. Dengan memperkenalkan gaya bahasa yang berbeda, Si Kecil jadi memahami keragaman sehingga ia bisa lebih cepat belajar nantinya.

Trik untuk Memperkenalkan Tulisan pada Anak
Memasuki usia satu tahun, keterampilan motorik anak semakin meningkat jadi tak heran jika pada masa keemasannya ini ia sudah mampu menggenggam crayon. Ia juga tahu fungsinya meski tidak mahir menggunakannya. Ia mungkin akan mulai mencorat-coret di dinding atau kertas. Jangan dilarang karena ini merupakan tanda bahwa ia mulai belajar untuk menulis. Kemampuan menulis Si Kecil ini akan meningkat begitu usianya memasuki 2,5 tahun. Bahkan, ia sudah bisa memilih-milih warna sesuai favoritnya ketika menggambar atau menuliskan sesuatu.

  • Menginjak usia 3 tahun, Si Kecil mulai memegang pensil dengan cara yang benar. Ia sudah bisa menggambar garis vertikal dan membuat beberapa huruf, walaupun dalam ukuran yang besar serta sedikit tidak beraturan. Beberapa anak bahkan sudah bisa menuliskan namanya sendiri. Apabila anak Anda masih belum mahir menulis, Anda tidak perlu merasa ia tertinggal dari teman-temannya. Daripada memaksanya, Anda bisa menunggu Si Kecil hingga ia benar-benar siap dan bersemangat untuk menulis.

Untuk bicara dengan dokter, ibu tidak perlu repot datang ke rumah sakit. Ibu bisa bicara dengan dokter anak menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi ibu akan bisa mendapatkan rekomendasi perawatan di rumah sakit tanpa harus langsung datang. Bicarakan dan temukan saran terbaik dari dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga bisa membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan kulit di Halodoc, pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.