25 April 2018

Kondisi Kesehatan Dilihat dari Kuku

Kondisi Kesehatan Dilihat dari Kuku

Halodoc, Jakarta – Meski sering tidak disadari, perubahan yang terjadi pada kuku di jari-jari kaki maupun tangan ternyata bisa menjadi cerminan kondisi tubuh. Tak dapat dimungkiri bahwa tubuh memiliki segudang cara untuk memberi sinyal dan tanda bahwa ada masalah yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah tanda adanya penyakit.

Lantas, perubahan seperti apa yang harus diwaspadai dan bisa menjadi tanda adanya penyakit?

 

  • Kuku Berwarna Kuning

 

Umumnya, bagian kuku akan terlihat berwarna bening atau warna daging. Namun, jika bagian ini berubah warna menjadi kuning, bisa jadi itu tanda infeksi jamur. Biasanya, kondisi ini juga akan disertai dengan kuku jari yang menjadi lebih tebal, tetapi terasa rapuh.

Faktor gaya hidup ternyata juga bisa membuat kuku berubah menjadi kuning, salah satunya adalah kebiasaan merokok. Perubahan warna kuning pada kuku juga bisa terjadi karena faktor bertambahnya usia dan kebiasaan menggunakan kuteks atau pewarna kuku.

 

  • Bercak Putih pada Kuku

 

Munculnya bercak atau noda putih pada permukaan kuku bisa saja terjadi sebagai reaksi trauma ringan. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa hal ini merupakan tanda defisiensi kalsium, tetapi pernyataan itu kurang tepat. Nyatanya bercak putih pada kuku akan hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang juga, bisa jadi bercak putih yang muncul merupakan tanda infeksi jamur.

 

  • Kuku Kering dan Pecah-pecah

 

Biasanya, kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, seperti penggunaan aseton, bahkan udara yang terlalu kering. Kuku yang rapuh juga bisa terjadi karena kurangnya asupan vitamin A, B, dan C pada tubuh.

Pada beberapa kasus, kuku kering dan pecah-pecah juga bisa terjadi karena paparan zat kimia dari produk pembersih, seperti pencuci baju, pencuci piring, dan produk lain yang mengandung zat kimia yang tidak cocok dengan kondisi kulit dan kuku. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasikan krim pelembap tangan secara rutin. Pilihlah jenis produk yang cocok, sehingga tidak akan membuat kondisi kuku semakin buruk.

 

  • Kuku Menghitam

 

Perubahan warna kuku menjadi hitam biasanya terjadi karena luka atau trauma yang menyebabkan penumpukan darah pada kulit di bawah kuku. Namun ,jika warna hitam tersebut berasal dari kuku, kamu harus waspada. Pasalnya, hal ini bisa menjadi tanda dari melanoma, kanker kulit yang paling mematikan. Apalagi jika disertai dengan pertumbuhan kuku yang terasa menyakitkan. Biasanya, melamona hanya akan memengaruhi satu kuku. Garis hitam yang muncul pun biasanya akan berubah, misalnya semakin pekat atau melebar.

 

  • Putih Kecoklatan

 

Kalau menemukan perubahan warna putih dan sedikit cokelat di ujung kuku, segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Perubahan ini bisa jadi tanda telah terjadi penyakit gagal ginjal. Namun, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Meski belum diketahui alasan pasti mengapa perubahan warna ini bisa menunjukkan tanda penyakit, banyak ahli yang menyebutkan hal itu karena adanya perubahan pembuluh darah. Sejumlah ahli meyakini bahwa perubahan pembuluh darah atau gangguan lain yang terjadi di dalam tubuh mendorong tanda-tanda ini “mencuat”. Salah satunya melalui kuku yang ada pada jari-jari.

Penting untuk selalu waspada terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh. Apalagi jika dibarengi dengan gejala lain. Untuk mencegah penyakit bertambah parah, segera bicarakan masalah kesehatan pada ahlinnya. Atau gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter dan menyampaikan keluhan awal penyakit. Dapatkan saran terbaik dari dokter terpercaya. Dokter di Halodoc bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!