26 June 2018

Kulit Memerah, Waspada Alergi Seafood pada Anak

alergi seafood pada anak, mengatasi alergi seafood pada anak, mencegah alergi seafood pada anak

Halodoc, Jakarta – Makanan laut atau seafood memang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi asupan tubuh kita. Selain itu, rasanya memang sangat lezat, sehingga baik untuk dikonsumsi. Namun, banyak orang yang mengalami alergi ketika menikmati makanan yang berbahan dasar makanan laut.

Baca juga: Benarkah Alergi Bisa Mengintai Seumur Hidup?

Alergi makanan laut pada umumnya disebabkan karena mengonsumsi hewan laut yang masuk ke dalam golongan crustacean dan mollusc. Mengonsumsi sedikit saja bisa membuat seluruh tubuh tidak nyaman. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga sudah bisa terkena alergi saat mengonsumsi makanan yang berbahan dasar hewan laut. Jika anak ibu mengalami alergi seafood, ibu jangan panik. Ibu sebaiknya mengerti cara mencegah dan mengatasi alergi seafood pada anak.

Cara Mencegah Alergi Seafood pada Anak

Semua jenis alergi pada makanan, termasuk alergi seafood, disebabkan oleh masalah sistem pada kekebalan tubuh. Jika salah satu orangtua memiliki riwayat alergi seafood, kemungkinan anak ibu juga memiliki alergi terhadap makanan yang berbahan dasar makanan laut atau seafood cukup tinggi. Maka dari itu, sebaiknya ketahui kondisi kesehatan anak ibu sejak dini.

Salah satu hal yang paling memungkinkan untuk mencegah anak terkena alergi seafood adalah menghindari mengonsumsi seafood, termasuk ikan. Namun, ini tentu sangat sulit apalagi untuk balita, mengingat proses tumbuh kembang anak sedang aktif dan membutuhkan beberapa nutrisi yang berasal dari makanan laut, seperti ikan. Jika anak ibu memang alergi pada makanan laut, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk asupan pengganti dari makanan laut.

Cara Mengatasi Alergi Seafood pada Anak

Gejala alergi ringan seafood umumnya terjadi dalam beberapa menit setelah mengonsumsi seafood, seperti gatal-gatal, kulit memerah, serta beberapa bagian wajah bengkak seperti bibir, wajah, lidah dan leher. Kemudian, anak akan mengeluhkan sakit kepala atau pusing dan kesemutan di mulut. Sebaiknya ibu jangan panik, lakukan beberapa langkah berikut untuk mengurangi gejala alergi pada anak.

  • Gunakan Lemon dan Madu

Campurkan perasan air lemon dengan air hangat dan ibu juga bisa mencampurnya dengan madu. Lemon ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi alergi, sedangkan madu memiliki kandungan vitamin yang mampu menghilangkan gatal-gatal. Berikan minuman ini pada anak dan konsumsi hingga habis.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin E

Untuk menyembuhkan alergi seafood pada anak, ibu bisa memberikan makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang tanah, bayam, dan alpukat. Vitamin E mengandung sifat antialergen yang dapat membantu mengurangi dan mencegah alergi terhadap suatu makanan.

  • Berikan Air Jahe Hangat

Minum secangkir jahe ternyata dapat membantu mengurangi dampak alergi dari mengonsumsi makanan laut, baik udang maupun yang lainnya. Jahe sendiri berguna untuk mengurangi ruam merah dan gatal pada tubuh anak, agar anak kembali merasa nyaman. Ibu bisa tambahkan madu agar jahe terasa lebih manis.

Baca juga: Cara Tepat Menangani Alergi Makanan pada Balita

Anak yang memiliki orangtua dengan riwayat alergi seafood, sebaiknya tidak diberikan makanan laut pada saat usia belum menginjak satu tahun. Ibu juga tidak perlu khawatir, sebab nutrisi yang diperoleh dari makanan laut bisa digantikan dengan makanan lain. Selain itu, ibu bisa tanyakan pada dokter ahli gizi mengenai hal ini melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!