13 January 2018

Kulit Sensitif? Begini Cara Memilih Sabun yang Tepat

Kulit Sensitif? Begini Cara Memilih Sabun yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Sabun adalah jenis pembersih yang terbuat dari campuran kimia lemak, minyak, dan asam lemak serta zat basa. Tipe dan kandungan pada sabun secara umum dipengaruhi oleh kombinasi komposisi dan bahan-bahan utama tersebut.

Sabun sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang berfungsi untuk membersihkan diri. Kamu mungkin sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih produk sabun, salah satunya yaitu dengan memperhatikan jenis kulit, terutama kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Sebelum memilih sabun, kenali dulu jenis kulitmu, jenis sabun, dan kegunaannya. Yang terpenting dari memilih sabun adalah memastikan bukan hanya sekadar membersihkan tubuh, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut.

Kulit sensitif sangat mudah teriritasi, terutama dengan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia. Untuk membersihkan sekaligus merawat kulit sensitif, pastikan sabun memiliki komposisi yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit. Agar terlindung dari iritasi, bagi yang mempunyai kulit sensitif sebaiknya menggunakan sabun tanpa pewangi. Pastikan sabun yang kamu pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang. Sabun yang dapat kamu gunakan adalah sabun bebas deterjen yang khusus untuk kulit sensitif. Namun tidak semua kandungan dalam sabun tersebut itu cocok pada kulit sensitifmu. Untuk itu telitilah dalam memilih sabun untuk kulit sensitif.

Perhatikan 3 Jenis Sabun Ini Bagi Kulit yang Sensitif
Jika kamu ingin memakai salah satu di antara 3 jenis sabun ini, jangan lupa perhatikan kandungannya terlebih dahulu!

1.  Sabun Batang
Kandungan sodium hidroksida pada sabun batang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Namun, kandungan bahan aktif yang terkandung bersifat mengeringkan kulit. Jika kamu memilih sabun batang, pastikan kamu memilih sabun yang tidak mengandung alkali tinggi karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering.

2.  Sabun Cair
Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembap seperti petrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Sabun cair dengan label moisturizing (melembapkan) adalah pilihan yang paling baik untuk kamu yang mempunyai jenis kulit kering dan sensitif, karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembap alami.

3.  Shower Gel
Shower gel sama seperti sabun cair yang juga berbentuk cair. Hanya saja tekstur shower gel lebih kental dibandingkan dengan sabun cair dan biasanya mengandung lebih banyak zat pewangi. Kandungan pewangi sebisa mungkin harus dihindari jika kulitmu sensitif karena akan menyebabkan timbulnya iritasi kulit yang meradang. Jenis sabun ini lebih cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Jika kamu masih bermasalah dengan kulit sensitif meskipun telah memilih sabun untuk jenis kulit yang tepat, cobalah berdiskusi dengan dokter spesialis kulit terpercaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya tentang memilih sabun untuk kulit sensitif atau masalah kulit yang kamu alami melalui metode Chat, Voice/Video Call. Selain berdiskusi, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc yang hanya sampai 1 jam. Hanya dengan  men-download aplikasinya di App Store dan Google Play, kamu bisa dengan mudah berdiksusi dan membeli obat dalam satu aplikasi.

BACA JUGA: Rawat Kulit dengan Memilih Sabun yang Sesuai Jenis Kulit