• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kurang Asupan Air Minum Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Kurang Asupan Air Minum Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah kesehatan lebih berisiko menyerang wanita daripada pria. Tidak minum cukup cairan dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Soalnya, minum air dapat mendorong hasrat berkemih yang pada akhirnya membantu membersihkan bakteri dari sistem saluran kencing. Siapa pun dengan kondisi yang menyebabkan terhalangnya aliran urine seperti penyakit ginjal atau batu saluran kemih, kelainan bawaan pada anak-anak, atau pembesaran prostat pada pria, juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih.

Baca juga: Nyeri saat Buang Air Kecil, Waspada Infeksi Saluran Kemih

Manfaat Minum Air Putih

Ada banyak manfaat minum air putih. Tubuh bisa bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, tetapi hanya beberapa hari tanpa air. Ini dikarenakan tubuh terdiri dari sekitar 60 persen air dan dehidrasi dapat memengaruhi kondisi fisik maupun mental. Berikut adalah manfaat dari minum air: 

1. Meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Dehidrasi ringan sekalipun dapat merusak ingatan dan suasana hati. 

2. Membantu mengurangi keinginan makan gula dan membantu pemeliharaan berat badan. Otak sebenarnya tidak dapat membedakan antara lapar dan haus, sehingga sering kali kamu dapat salah mengira haus sebagai 'nafsu makan gula'. Lain kali, setiap kali ingin merasa perlu makan sesuatu yang manis, cobalah minum segelas air terlebih dahulu.

3. Tetap terhidrasi juga dapat membantu menjaga berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat kamu lebih kenyang. Oleh karena itu, meningkatkan penurunan berat badan dengan makan lebih sedikit saat makan. 

4. Meningkatkan kinerja olahraga. Ada banyak penelitian tentang efek hidrasi atau dehidrasi pada atlet, dan hasilnya cukup banyak menyimpulkan bahwa dehidrasi tidak hanya memengaruhi kinerja olahraga tetapi juga fungsi fisiologis.

Baca juga: Perbedaan Gejala ISK pada Anak-Anak dan Orang Dewasa

5. Mengurangi sakit kepala dan migrain. Kekurangan air dapat meningkatkan risiko sakit kepala atau migrain pada beberapa individu.

6. Mencegah sembelit. Air membantu menjaga pergerakan dalam sistem pencernaan, sehingga tetap terhidrasi dapat membantu mencegah sembelit pada anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.

7. Membantu mengurangi risiko infeksi kandung kemih. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum lebih banyak air dapat mengurangi risiko infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kemih, seperti sistitis, pada wanita.

Baca juga: Apakah ISK Termasuk Penyakit yang Perlu Diwaspadai?

Informasi selengkapnya mengenai manfaat minum air putih, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Tips Supaya Rajin Minum Air Putih

Jika kamu tergolong orang yang malas untuk minum air putih, cobalah menerapkan aturan dan rutinitas sebagai pengingat sudah berapa liter air putih yang kamu minum. Biasanya, direkomendasikan untuk minum air putih di pagi hari. 

Air dengan lemon adalah kombinasi yang sangat baik untuk pencernaan, meningkatkan energi, dan membersihkan racun. Peras sepertiga lemon ke dalam segelas air hangat, minum saat perut kosong, 20-30 menit sebelum sarapan. 

Sebaiknya jangan minum air dingin saat perut kosong, karena tubuh perlu mengeluarkan energi untuk menghangatkannya sebelum menyerap air tersebut. Jangan minum banyak air saat makan. Pilihan terbaik adalah minum air setengah jam sebelum atau satu jam setelah makan. 

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2020. What are the health benefits of drinking water?
UCLA Health. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infection.
Betterme. Diakses pada 2020. The Importance of Drinking Water: Reasons and Tips.