23 May 2018

Kurangi Dampak dan Gejala Meniere dengan Cara Ini!

Kurangi Dampak dan Gejala Meniere dengan Cara Ini!

Halodoc, Jakarta – Meniere adalah penyakit langka yang terjadi akibat kelainan pada telinga bagian dalam. Efek yang ditimbulkannya seperti vertigo, telinga berdenging, bahkan bisa menyebabkan kehilangan pendengaran. Meskipun belum bisa disembuhkan secara total, dampak dan gejala penyakit langka ini bisa dikurangi dengan beberapa cara.

Perawatan untuk mengurangi dampak dan gejalanya bisa dilakukan dengan:

  1. Memperbaiki pola makan, terutama mengurangi konsumsi garam.
  2. Pemberian obat-obatan untuk meredakan atau mencegah serangan vertigo.
  3. Menangani tinnitus dengan terapi suara, teknik relaksasi, serta terapi perilaku kognitif (CBT).
  4. Terapi rehabilitasi vestibular untuk mengatasi gangguan keseimbangan.
  5. Mengatasi kehilangan pendengaran, misalnya dengan alat bantu dengar.
  6. Menangani atau mencegah stres dan depresi.

Bagi pengidap meniere yang parah, pilihan operasi biasanya dianjurkan. Ada beberapa pilihan operasi. Seperti mengurangi cairan atau tekanan pada telinga bagian dalam untuk meredakan gejala sekaligus menjaga kemampuan pendengaran. penyuntikan steroid ke telinga bagian dalam, operasi pemotongan saraf yang menghubungkan keseimbangan dan saraf vestibular, dan menghancurkan pusat keseimbangan tubuh dengan pengangkatan labirin (labyrinthectomy) atau ablasi menggunakan senyawa kimia dari antibiotik seperti gentamicin.

Dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengurangi dampak penyakit langka meniere, kamu bisa terapkan tips berikut:

- Duduk atau berbaringlah saat merasa pusing. Selama mengalami vertigo, hindari aktivitas yang bisa berakibat lebih buruk seperti gerakan mendadak, cahaya lampu terlalu terang, menonton televisi, atau membaca.

- Istirahatlah selama dan setelah serangan. Jangan terburu-buru kembali ke aktivitas normal kamu.

- Sebagai pengidap meniere, kamu mungkin akan kehilangan keseimbangan. Jatuh bisa menyebabkan luka yang serius, karena itu gunakan pencahayaan yang baik jika terbangun di malam hari.

- Hindari mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin berat jika sering mengalami vertigo. Melakukan hal itu bisa menyebabkan kecelakaan dan cedera, lho.

Seseorang bisa diduga mengidap penyakit langka meniere jika mengalami hal-hal berikut ini:

  1. Serangan vertigo paling tidak 2 kali dengan durasi 20 menit hingga 24 jam.
  2. Kemampuan pendengaran menurun. Ini bisa diperiksa melalui tes audiometri.
  3. Tinnitus atau adanya sensasi tekanan dalam telinga.

Gejala-gejala tersebut harus dipastikan dengan melakukan pemeriksaan medis. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli melalui video/voice call atau chat di aplikasi Halodoc. Selain bisa berdikusi dengan dokter di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang akan diantarkan langsung ke tempat tujuan dalam satu jam. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!