08 August 2018

Kurangi Kolesterol dengan Olive Oil

olive oil untuk kolesterol, mengurangi kolesterol dengan olive oil, manfaat olive oil untuk kesehatan, pemulihan kolesterol dengan olive oil,manfaat olive oil

Halodoc, Jakarta – Olive oil atau yang dikenal juga dengan minyak zaitun nyatanya memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Mulai dari mengembalikan kelembapan kulit kamu, sampai mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh.

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang memiliki kadar lemak tak jenuh cukup tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki antioksidan yang mampu meningkatkan pengaturan kolesterol dalam darah.

Baca juga: Perlu Tahu Kolesterol Tinggi & Risiko Kanker Payudara

Tidak hanya kandungan antioksidannya saja yang mampu mengurangi kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam tubuh, minyak zaitun juga mengandung senyawa antiinflamasi dan asam folat. Kandungan lain yang terdapat pada minyak zaitun adalah kalsium, zat besi, potassium, polifenol, vitamin A, C, D, E, dan K.

Penyebab Kolesterol dalam Tubuh

Kandungan kolesterol normal pada tubuh manusia biasanya sebesar 160 sampai dengan 200 mg/dl. Namun, jika dalam tubuh kamu terdapat kandungan kolesterol di atas 240 mg/dl, kamu perlu waspada akan hal ini. Perlu diketahui, bahwa penyakit kolesterol ini tidak hanya dapat ditemui pada orang yang memiliki tubuh gemuk saja. Orang yang memiliki tubuh kurus juga memiliki kemungkinan memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan yang paling parah stroke. Banyak faktor yang menyebabkan kamu memiliki kadar kolesterol cukup tinggi dalam tubuh, salah satunya adalah pola makan yang salah. Terlalu sering mengonsumsi junk food dan makanan yang mengandung minyak dapat menjadi penyebab utama penyakit kolesterol.

Banyak gejala yang dapat kamu rasakan ketika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah rasa kesemutan yang hebat, nyeri pada sendi, dan juga sakit kepala atau migrain.

Mengurangi Kolesterol dengan Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun memang sangat baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Namun perlu diingat, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun yang murni. Jangan mengonsumsi olive oil yang dijual untuk kecantikan atau kebutuhan kosmetik. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi olive oil sebanyak 1 sendok per harinya. Olive oil juga baik dikonsumsi setelah kamu makan.

Jangan lupa untuk selalu mengontrol kadar kolesterol kamu agar kesehatan kamu selalu terjaga. Untuk merasakan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa juga mengonsumsi teh rosella bersama dengan minyak zaitun. Tidak hanya itu, memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat juga menjadi salah satu hal yang bisa membuat kamu terhindar dari penyakit kolesterol.

Manfaat Lain Olive Oil

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari olive oil:

1. Menghindari Penyakit Jantung

Kandungan polifenol dalam olive oil nyatanya dapat mencegah kamu terserang penyakit jantung.

2. Tekanan Darah Tinggi

Olive oil juga dapat membantu kamu mengontrol tekanan darah, sehingga kamu dapat terhindar dari penyakit darah tinggi.

3. Menghindari Obesitas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada olive oil dapat membantu pengolahan lemak pada tubuh kamu yang berdampak baik untuk menjaga berat badan.

Baca juga: 5 Minuman untuk Turunkan Kolestrol Setelah Lebaran

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar cara mengurangi kolesterol, kamu bisa bertanya langsung ke dokter kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc ini kamu bisa Voice Call atau Video Call dengan dokter. Cukup download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.