15 February 2018

Liburan Tanpa Naik Berat Badan? Bisa Kok!

Liburan Tanpa Naik Berat Badan? Bisa Kok!

Halodoc, Jakarta – Setiap orang menyambut liburan dengan cara yang berbeda. Ada yang lebih memilih berdiam diri di rumah sambil menonton film, mendengarkan musik, atau masak makanan favorit. Namun, ada juga yang menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan atau berlibur. Apapun pilihan tempat liburannya, ada satu hal yang banyak dilakukan orang saat liburan, yaitu makan.

Di hari biasa, banyak orang disibukkan dengan aktivitas yang enggak jarang membuat mereka lupa makan. Tapi saat liburan, aktivitas mereka cenderung berkurang, sehingga mereka punya banyak waktu untuk makan. Apalagi biasanya, pilihan makanan saat liburan itu beragam. Jadi, enggak heran kalau banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan setelah liburan. Sayangnya, menurut National  Institute of Health yang dilansir melalui WebMD, kebanyakan orang enggak pernah menurunkan berat badan ekstra yang mereka dapat saat liburan. Duh, bisa enggak sih liburan tanpa naik berat badan? Bisa kok, intip tips menjaga berat badan saat liburan di sini, yuk!

  1. Kunyah Makanan Perlahan

Agar kamu enggak tergoda dengan makanan punya teman, kunyah makanan yang kamu makan dengan perlahan. Selain bikin makanan kamu enggak cepat habis, mengunyah makanan dengan perlahan juga akan memberikan waktu untuk tubuh mencerna makanan dengan baik.

Selain itu, mengunyah makanan perlahan juga akan memberikan waktu untuk otak mengirimkan sinyal tanda kenyang. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil porsi kedua, berikan jeda waktu beberapa menit untuk memastikan apakah kamu sudah kenyang atau belum.

  1. Minum Air Putih

Selain menghilangkan dahaga dan mencegah dehidrasi, minum air putih juga bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Usahakan minum air putih tiga puluh menit sebelum makan untuk membantu pencernaan bekerja lebih baik. Minum air putih saat makan, tepat sebelum makan, dan setelah makan justru dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif.

  1. Terus Bergerak

Liburan memang kadang bikin “mager”, tapi jangan sampai selama liburan kamu hanya diam di kamar atau di depan TV saja. Setidaknya, pastikan tubuh kamu bergerak aktif, misalkan dengan menyapu lantai, memasak, mencuci baju, dan lainnya. Atau kalau kamu mau, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, dan yoga. Jika tidak, kurangnya aktivitas fisik saat liburan justru akan membuat berat badan kamu bertambah.

  1. Tahan Godaan

Saat jalan-jalan biasanya akan banyak undangan untuk kumpul dengan teman. Biasanya, tempat kumpul yang dipilih adalah tempat makan. Kalau sudah begitu, kamu memang perlu menahan diri dari godaan makanan yang tersedia. Kalau bisa sih, kamu makan di rumah sebelum bertemu teman-teman. Selain lebih sehat, kamu bisa lebih hemat karena hanya perlu beli camilan saja saat kumpul dengan teman.

Satu hal yang juga enggak boleh dilupakan adalah menyiapkan obat-obatan dan vitamin yang bisa kamu bawa saat liburan. Supaya enggak repot ke luar rumah, kamu bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan selama liburan di Halodoc. Kamu hanya tinggal pesan di aplikasi Halodoc, lalu pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Kamu juga bisa bicara tentang keluhan kesehatan yang kamu rasakan selama liburan di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Video/Voice Call, dan Chat.

Kalau kamu penasaran dengan kadar kolesterol, kadar gula dalam darah dan lain-lain setelah liburan, kamu juga bisa cek melalui aplikasi Halodoc, lho. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.