08 May 2018

Makan Sedikit Enggak Menjamin Berat Badan Turun?

Makan Sedikit Enggak Menjamin Berat Badan Turun

Halodoc, Jakarta – Bila kamu ingin menurunkan berat badan, pasti saran yang sering kamu dengar adalah tidak makan terlalu banyak. Namun faktanya, jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kamu berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi.

Makan sedikit tidak menjamin akan membuat berat badan kamu turun secara cepat. Biasakan untuk fokus pada nutrisi yang masuk kedalam tubuh kamu, bukan hanya kuantitasnya saja.

Makan Sedikit Justru Memicu Rasa Lapar Berlebihan

Pernahkah kamu tetap merasakan lapar padahal kamu sudah mengonsumsi sarapan atau makan siang kamu? Mungkin kamu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu. Makan sedikit boleh saja, asal nutrisi dan asupannya tetap kamu perhatikan dengan baik.

Menurut penelitian Dr. James J. Lee, M.D, seorang dokter gastroenterologis asal California, Amerika Serikat, zat kimia yang mengontrol nafsu makan termasuk leptin dan ghrelin akan meningkat saat kamu menerapkan pola makan ketat kalori. Artinya, ini yang membuat kamu tetap merasakan lapar saat kamu sudah mengurangi porsi makan kamu. Rasa lapar akan terus meningkat saat kamu mengonsumsi makan dengan porsi kurang dari yang biasa kamu makan. Hal ini yang memicu konsumsi makan berlebihan dan akhirnya berat badan kamu akan terus meningkat.

(Baca juga: Temukan Cara Mudah Turunkan Berat Badan Dengan Yoga)

Makan Sedikit Mempengaruhi Sistem Kerja Tubuh

Selain rasa lapar berlebihan, mengurangi porsi makan juga akan memengaruhi sistem kerja tubuh kamu. Saat sistem kerja tubuh kamu lambat, maka metabolisme juga akan menjadi lambat. Saat itu, tubuh akan sulit untuk memproses makanan menjadi energi, akibatnya tubuh akan menyimpan lapisan lemak lebih banyak dan tidak menutup kemungkinan berat badan kamu malah akan bertambah.

Bagi kamu yang suka makan dengan porsi yang cukup banyak, kebanyakan orang akan merasa lemas dan bahkan terkena penyakit lambung saat mulai mengurangi porsi makan mereka. Menurunkan berat badan bisa saja dilakukan dengan makan sedikit, asal bisa mengatur porsi makan dengan baik. Pilihlah makanan yang bernutrisi dan juga makanan sehat dengan kalori rendah. Menurut pakar nutrisi, Barbara Rolls, makanan yang mengandung kalori rendah akan membantu kamu untuk mengatur rasa lapar.

Konsumsi Makanan dengan Asupan Nutrisi yang Cukup

Jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kamu saat kamu menjalani program diet dengan mengurangi porsi makan kamu.

  • Brokoli

Kamu bisa mengonsumsi brokoli untuk mengatur berat badanmu, karena brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin. Kamu bisa mengonsumsi brokoli sebanyak yang kamu mau tanpa takut berat badan kamu akan naik. Selain itu, brokoli juga bisa membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama.

  • Semangka dan Melon

Semangka dan melon adalah beberapa buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Nah, dengan mengonsumsi semangka atau melon, maka kamu akan merasa lebih cepat kenyang karena kandungan serat yang ada pada semangka dan melon. Selain itu, dengan mengonsumsi semangka dan melon, berat badan kamu juga akan tidak akan naik dengan drastis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berat badan kamu akan melonjak naik.

(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Diet Mediterania)

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar berat badan, kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa melakukan Video call, Voice Call atau Chat dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.