30 July 2018

Mana yang Lebih Sehat: Olahraga Sendiri atau Berkelompok?

olahraga sendiri, olahraga berkelompok,olahraga

Halodoc, Jakarta - Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk fisik maupun psikis. Dengan rutin melakukan olahraga minimal tiga kali seminggu, maka suasana hatimu akan menjadi lebih baik dan gejala depresi, kecemasan, dan stres hilang karena kadar hormon kortisol juga ikut berkurang. Saat-saat yang biasa dimanfaatkan orang untuk melakukan olahraga biasanya pagi hari atau sore hari, dan lebih sering lagi dilakukan saat akhir pekan, karena biasanya dapat dilakukan bersama teman atau keluarga.

Sementara itu, olahraga dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu olahraga yang dilakukan secara sendiri atau berkelompok. Jika ditelisik lagi, sebetulnya dua jenis olahraga ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Selain itu pun, tidak semua orang pandai melakukan olahraga tim, sehingga ia lebih memilih olahraga tim atau sebaliknya ia tidak bisa melakukan olahraga sendirian jadilah ia bergabung ke dalam klub kebugaran atau klub olahraga. Untuk mengetahui mana yang lebih sehat di antara keduanya, simak ulasannya berikut!

Keuntungan Olahraga Sendiri

Salah satu keuntungan dari olahraga individu adalah kamu dapat melakukan olahraga seperti yang kamu inginkan. Selain itu, jenisnya lebih banyak dan bermacam-macam. Olahraga individu dapat lebih menarik bagi orang yang baru berolahraga, atau yang sedang dibarengi dengan diet, sehingga waktu pelaksanaan dapat disesuaikan dengan kemauan kamu.

Olahraga individu juga akan mengajarkan kepada diri sendiri mengenai trik untuk menghadirkan motivasi di kala kita sedang enggan berolahraga. Tidak akan ada pihak yang menekan dirimu untuk terus melakukan peningkatan, karena hal ini harus datang dari diri sendiri. Karena motivasi dari dalam diri seringkali jauh lebih kuat dibanding dengan motivasi dalam kelompok. Keberhasilan dari olahraga sendiri juga sepenuhnya bergantung pada diri sendiri, sehingga kamu tidak bisa menyalahkan orang lain jika kamu gagal.

Baca juga: Si Kurus vs Si Gemuk, Agar Tak Sedih Melihat Bentuk Tubuh

Keuntungan Olahraga Berkelompok

Penelitian yang dilakukan University New England College of Osteopathic Medicine menunjukkan bahwa memiliki teman selama berolahraga membuat seseorang mampu mengeluarkan keringat lebih banyak. Hal ini karena dengan hadirnya orang lain atau anggota kelompok olahraga, seseorang akan lebih termotivasi untuk mencapai batas tertentu, sehingga kekuatan dan kesehatan fisik menjadi lebih baik. Tidak berhenti di sana, semangat yang disebarkan oleh anggota kelompok olahraga mampu menciptakan perasaan senang sehingga stres dan tekanan akan berkurang. Ini termasuk, musik dan gerakan yang mungkin dilakukan selama olahraga berkelompok.

Secara umum, manfaat olahraga baik itu secara sendiri maupun berkelompok hanya akan dinikmati oleh mereka yang sedari awal telah memiliki komitmen kuat untuk berolahraga dengan disiplin. Meski terlihatnya olahraga berkelompok dapat lebih menyehatkan, tetapi tidak sedikit juga yang membuktikan bahwa berolahraga sendiri juga lebih sehat daripada mereka yang ikut dalam klub kebugaran, karena memang mereka sedari awal sudah berkomitmen untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan cara olahraga rutin.

Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga

Nah, untuk mengetahui tips lain terkait olahraga yang tepat untukmu atau jika  kamu punya masalah kesehatan, bicarakan saja langsung dengan dokter ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!