16 May 2018

Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadan

Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadan

Halodoc, Jakarta – Mungkin hanya sedikit dari kamu yang masih mau melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa. Ya, membayangkan melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa saja sudah terasa lelah sekali. Namun, ternyata melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa nyatanya memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan kamu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berolahraga saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa melakukan olahraga pada saat akan berbuka atau ngabuburit. Selain itu, olahraga yang dilakukan sore hari juga masih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Namun, kapan pun olahraganya, sebaiknya kamu harus memperhatikan latihan yang kamu gunakan saat berolahraga, apalagi saat kamu sedang menjalankan ibadah puasa. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rajin berolahraga di bulan Ramadan. Di antaranya adalah:

 

  • Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar

 

Detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh akan berjalan dengan baik jika sistem pencernaan pada tubuh kamu berjalan dengan baik. Pada saat puasa, tubuh kamu sedang beristirahat karena tidak mengonsumsi apapun dan di sini lah manfaat kamu menjalankan olahraga meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Dengan berolahraga kamu akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Puasa sehat artinya kita mengistirahatkan seluruh organ pencernaan pada tubuh kita, tetapi saat kamu berolahraga fungsi organ pencernaan akan berfungsi normal seperti biasa. Sehingga, detoksifikasi pada tubuh akan tetap berjalan dengan normal.

 

  • Mempertahankan Massa Otot

 

Saat kamu menjalankan ibadah puasa dan kamu tidak melakukan apa-apa, ternyata bisa membuat otot kamu menjadi kendur. Salah satu cara untuk tetap mempertahankan massa otot adalah tetap berolahraga meskipun kamu sedang menjalani ibadah puasa. Kamu bisa melakukan olahraga pada sore hari menjelang berbuka puasa. Kamu juga bisa melakukan latihan yang ringan seperti kardio.

 

  • Menjaga Kebugaran Tubuh

 

Selama berpuasa juga sangat penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga pagi. Selain membuat tubuh kamu tetap sehat, kamu juga masih bisa merasakan suasana segar dan udara yang bersih. Dengan begitu, ibadah puasa yang kamu jalani juga akan terasa bersemangat. Untuk olahraga pagi, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti joging, bermain sepeda, atau hanya sekedar berjalan di taman dekat rumah.

 

  • Menurunkan Berat Badan

 

Tanpa melakukan olahraga rutin, puasa dikhawatirkan hanya membuat berat badan kamu malah naik. Penyebabnya, setelah seharian menahan haus dan lapar, biasanya saat berbuka kamu akan lupa untuk makan sehat dan nafsu makan kamu juga tidak terkontrol. Sehingga, kamu cenderung untuk menikmati makanan sebanyak-banyaknya. Wah, kalau hal ini terjadi selama bulan ramadan, tidak menutup kemungkinan saat hari Raya kamu akan terlihat semakin membesar.

Sebaiknya, luangkan waktu untuk melakukan olahraga sesaat sebelum buka puasa atau saat pagi hari sebelum kamu menjalani aktivitas kamu. Dengan melakukan olahraga, pembakaran lemak pada tubuh kamu akan terus berjalan. Jika olahraga selama puasa dilakukan secara konsisten, badan kamu tetap akan kencang dan terhindar dari lipatan lemak.

(Baca juga: Olahraga Ringan Punya Efek Setara Pijat)

Puasa sebaiknya tidak menghalangi kamu untuk tetap produktif melakukan olahraga, ya. Tetap lakukan olahraga karena manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan. Namun ingat, lakukan olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan tubuh. Tanya dokter jika butuh informasi lebih mengenai hal ini, kamu bisa tanya melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!