26 June 2018

Manfaat Minyak Almond Untuk Wajah

Manfaat minyak almond untuk wajah

Halodoc, Jakarta – Minyak almond (almond oil) kaya akan nutrisi. Mulai dari protein, mineral, lemak tak jenuh, serta vitamin (A, B, D, dan E). Karena kandungan inilah minyak almond sering digunakan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi dan produk perawatan kulit.

Baca juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat minyak almond untuk wajah:

1. Membuat Kulit Lebih Sehat

Beberapa studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin E, asam lemak tertentu, dan zat aktif lain pada minyak almond bisa menetralisir radikal bebas penyebab penuaan dini. Minyak almond juga dipercaya bisa membantu melembapkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah, sehingga bisa membuat kulit lebih sehat dan awet muda.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Kandungan antioksidan dalam minyak almond bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Sebuah studi dari Universitas Hamdard di India menemukan bahwa minyak almond bisa membantu mencegah kerusakan kulit dan mengurangi dampak buruk sinar UV matahari pada kulit. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan minyak almond pada wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan.

3. Mengobati Luka

Minyak almond juga bisa digunakan untuk mengobati luka pada wajah. Ini karena minyak almond adalah minyak alami yang bisa menenangkan kulit, melembapkan, dan menyembuhkan luka atau bekas luka pada kulit wajah. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak almond pada bagian wajah yang luka.

4. Membersihkan Kulit Wajah

Sebuah studi menyebutkan bahwa untuk membersihkan wajah (misalnya setelah menggunakan makeup), sebaiknya gunakan pembersih alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak almond.

5. Mengurangi Lingkar Hitam di Bawah Mata

Penggunaan minyak almond secara rutin bisa membantu memudarkan lingkar hitam di bawah mata. Cara menggunakannya mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan sedikit minyak almond di area lingkar hitam dan memijatnya dengan lembut. Diamkan selama semalam, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih setelah bangun tidur.

6. Mencegah Bibir Pecah-pecah

Minyak almond juga bisa digunakan untuk mencegah bibir pecah-pecah dan menjaga kelembapan bibir. Caranya cukup dengan mencampurkan minyak almond dengan madu, lalu mengoleskannya pada bibir pada pagi dan malam hari.

Cara Menggunakan Minyak Almond

Selain cara yang telah disebutkan, berikut adalah beberapa cara lain untuk menggunakan minyak almond:

  • Sebagai scrub. Caranya dengan mencampurkan minyak almond dengan gula atau garam. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sebagai scrub setiap seminggu sekali. Pastikan kamu telah membersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakannya, ya.
  • Pijat wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak almond pada wajah selama 10-15 menit. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur agar hasilnya optimal.
  • Pembersih wajah. Cukup dengan mengoleskan minyak almond selama beberapa menit sebelum kamu membersihkan wajah dengan air. Cara ini bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran atau makeup dan membuka pori-pori yang tersumbat akibat sel-sel kulit mati.
  • Pelembap wajah. Kamu bisa mengoleskan minyak almond secara langsung pada wajah sebagai base makeup. Cara ini akan memudahkan kulit untuk menyerap dan membentuk lapisan yang bisa melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar UV matahari.

Itulah enam khasiat minyak almond untuk wajah. Kalau kamu masih punya pertanyaan tentang khasiat minyak almond, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bicara pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!