09 September 2017

Mau Punya Kuku Cantik? Berikut Rahasianya

Mau Punya Kuku Cantik, Berikut Rahasianya

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya rambut, kuku juga perlu dirawat dengan baik agar kuat dan berkilau. Kuku yang terawat dengan baik akan terlihat cantik dan menawan. Kuku cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan dari seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar berbagai hal saat beraktivitas sehari-hari mulai dari mengetik di depan komputer, memegang uang hingga mengelola makanan di dapur. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan terutama merawat kuku. Perhatikan teknik perawatan dan bahan apa saja yang digunakan dalam perawatan kuku kamu seperti di bawah ini:

1.  Jangan Terlalu Sering Melakukan Meni Pedi di Salon
Selain praktis, hasilnya pun terlihat lebih bagus daripada merawat sendiri di rumah. Tapi, tahukah kamu? Ternyata terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon juga tidak baik untuk kesehatan kuku. Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh. Hal ini karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras saat di salon, jadi cobalah untuk melakukan perawatan kuku sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami saja.

2.  Rutin Menggunting Kuku
Rawatlah kuku dengan menggunting kuku yang sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan cara mengikir. Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Pada saat membersihkan bagian dalam kuku berhati-hatilah karena banyak risiko infeksi yang bisa terjadi.

3.  Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pengamplas Kuku
Terkadang mengamplas kuku bisa memudahkan kita dalam membentuk kuku dan membuatnya lebih cantik. Tetapi sebenarnya, menggunakan pengamplas kuku terlalu sering justru bisa membuatnya rusak dan kuku juga bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen.

4.  Membatasi Penggunan Aseton
Penggunaan aseton untuk membersihkan kuku juga dapat membuat kuku rusak. Aseton ditemui dalam cairan penghapus kuteks. Sebuah studi menemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton dapat membuat kuku bertambah rapuh.

5.  Lakukan Perawatan Alami
Agar mendapatkan kuku cantik, cobalah beberapa cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku dengan minyak zaitun yang hangat selama 15 atau 20 menit. Olive oil bisa membuat kuku lebih halus. Untuk mendapatkan kuku berkilau dan kuat pijatlah kuku dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jeruk lemon. Setelah selesai, cuci kuku hingga bersih. Tidak hanya bisa membuat kuku berkilau dan kuat, lemon juga bisa menghilangkan noda pada kuku. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan secangkir air. Kemudian rendam kuku ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Jika sudah selesai, cuci bersih kuku dan gunakan pelembap.

6.  Merawat Kuku Cantik Dari Dalam
Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, kamu juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah susu, telur dan kacang-kacangan. Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar kuku tidak kering.

Rawatlah kuku dengan baik agar dapat terlihat bersih dan cantik serta untuk mencegah infeksi atau kerusakan yang mungkin muncul dan dapat menimbulkan masalah lainnya.

Selain mengikuti cara merawat kuku di atas, kamu juga bisa membicarakan mengenai cara merawat kuku lebih lanjut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc lewat aplikasi ini kamu bisa chat, voice atau video call. Download aplikasinya di smartphone kamu, agar bisa merasakan kemudahan berdiskusi dengan dokter kapan pun dan dimana pun.

BACA JUGA: 2 CARA MUDAH LATIH OTOT PERUT