09 September 2017

Mau Punya Masa Kehamilan yang Nyaman? Simak Dulu Tips Ini

Mau Punya Masa Kehamilan yang Nyaman, Simak Dulu Tips Ini

Halodoc, Jakarta - Kehamilan merupakan sebuah momen atau masa yang membahagiakan baik untuk pasangan baru ataupun telah lama menikah, namun tidak jarang kehamilan juga bisa menjadi sumber stres bagi calon ibu yang khawatir dengan kesehatan dan kondisi kehamilannya. Seharusnya seorang ibu hamil dapat selalu merasa nyaman dan menjaga janin yang ada dalam kandungan tetap sehat. Masa kehamilan juga sangatlah menentukan pertumbuhan dan perkembangan si kecil nantinya. Ini dia beberapa tips kehamilan agar hamil terasa nyaman.

1.  Tips kehamlilan yang pertama adalah dengan mengontrol secara rutin ke dokter untuk memeriksakan kehamilan. Bulan-bulan terakhir kehamilan, kontrol harus dilakukan menjadi lebih sering. Dan bila kamu memiliki keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan segera periksakan ke dokter, walaupun ini belum saatnya kamu harus kontrol kembali.

2.  Tips kehamilan berikutnya adalah berhenti merokok dan janganlah menjadi perokok pasif. Karena jika sering menghirup asap rokok dari orang sekitar dapat membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang, hilangnya nyawa si kecil dalam kandungan atau si kecil akan mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, serta dapat menyebabkan kamu mengalami keguguran.

3.  Banyak minum air putih. Cairan yang masuk berguna untuk membantu peningkatan volume darah yang terjadi selama kehamilan. Minumlah sedikitnya 6 - 8 gelas sehari, dapat berupa jus buah, susu, atau air putih biasa.

4.  Konsumsi makanan yang bergizi, untuk memenuhi kecukupan gizi untuk ibu dan si kecil dalam kandungan. Makanan harus memenuhi 5 kelompok makanan utama yaitu nasi atau sumber karbohidrat lainnya, daging dan protein lainnya, sayuran, buah-buahan dan susu. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan berserat.

5.  Konsumsi vitamin asam folat 400 mikrogram perhari, sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama dalam kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Asam Folat juga penting diperoleh dari makanan yang mengandung asam folat seperti pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

6.  Konsumsi vitamin penambah darah, yaitu vitamin yang mengandung zat Besi sebanyak 30 miligram sehari selama masa kehamilan, atau sesuai anjuran dokter. Zat Besi berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan, yang dapat menyebabkan terjadinya risiko untuk mencegah terjadinya perdarahan saat persalinan.

7.  Salah satu tips kehamilan yang harus kamu ketahui adalah berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat-obatan termasuk juga obat-obat tradisional. Termasuk juga alkohol dan kafein. Kafein yang ada pada teh, kopi, minuman ringan dan coklat perlu juga dibatasi.

8.  Obat-obatan yang sering diminum sebelum hamil, misalnya obat-obatan untuk hipertensi, epilepsi, asma atau kencing manis, perlu dibicarakan kembali dengan dokter. Apakah perlu dilakukan perubahan atau penyesuaian dengan kehamilan kamu dan apakah obat-obatan ini aman digunakan dalam kehamilan.

9.  Ini tips kehamilan paling penting, jangan sungkan atau takut bertanya pada dokter. Karena ini menyangkut kesehatan janin dan ibu. Jadi tanyakan semua kekhawatirkan yang kamu rasakan.

10.  Bergabung dalam kelas untuk ibu hamil seperti mengikuti kelas senam hamil. Selain mendapat manfaat dari kelas tersebut, calon ibu juga dapat membagi pengalaman dan menambah pengetahuan dengan berbagi pengetahuan sesama calon ibu lainnya.

11.  Tetaplah beraktivitas karena akan baik untuk sang ibu maupun janin. Lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti berjalan, bersepeda statis. Tapi ingatlah untuk selalu berdiskusi dengan dokter sebelum melakukannya.

12.  Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 - 6 kali perhari. Ini jauh lebih baik daripada makan dalam 3 porsi besar sehari. Pola makan dengan porsi kecil yang lebih sering, dapat mengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung. Hindarilah makanan yang dapat membuat lambung nyeri.

13.  Dan yang terakhir pada tips kehamilan yaitu, hindari mandi atau berendam dengan air panas pada saat hamil. Karena panas yang tinggi dapat membahayakan kehamilan.

Jangan terlalu percaya dengan mitos-mitos tentang kehamilan, untuk lebih memastikan tanyakan kepada dokter kandungan untuk tips kehamilan lainnya yang dapat dipercaya. Sekarang ini kamu bisa bertanya kepada dokter tanpa harus pergi ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc di smartphone kamu, selain itu kamu bisa bertanya seputar tips kehamilan via chat, voice atau video call. Jangan lupa untuk download aplikasinya sekarang juga!

BACA JUGA: 7 MAKANAN BERBAHAYA UNTUK IBU HAMIL