• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Melatih Otot Dasar Panggul Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Melatih Otot Dasar Panggul Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Mau kehidupan seksual dengan pasangan terasa semakin menyenangkan?  Caranya mudah kok, latih saja otot dasar panggul tubuh kamu. Kata ahli, melatih otot panggul cukup vital untuk menjaga kebugaran seksual pasangan suami-istri. Menariknya lagi, latihan ini juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari gangguan kemih. Kok bisa?

Kondisi otot dasar panggul jadi salah satu faktor pendukung untuk mencapai kenikmatan seksual kamu dan pasangan. Sebab, nyatanya orgasme amat memerlukan otot dasar panggul. Menurut ahli, saat perempuan melakukan kontraksi otot dasar panggulnya, maka darah akan banyak dialirkan ke Miss V. Alhasil, terjadi lubrikasi atau pengeluaran cairan. Nah, kontraksi yang makin mencekam ini akan meningkatkan kualitas seksual kamu dan pasangan.

Otot panggul sendiri dalam bidang seksologi dikenal dengan otot pubococcygeus (PC). Letaknya tersembunyi, menyebar mulai dari tulang kemaluan (pubis) ke arah belakang, yaitu tulang ekor (coccygeus). Makanya, karena letaknya yang tersembunyi, banyak orang enggak sadar punya otot ini.

Latihan Kegel Juga

Kamu enggak perlu bingung untuk melatih otot panggul. Caranya bisa kok melalui latihan kegel. Uniknya, senam ini dibuat oleh ahli kandungan pada 1940, lho. Nah, senam ini tujuannya untuk menguatkan otot-tot dasar panggul, seperti otot kandung kemih, otot Miss V, dan otot anus.

Apa kamu sadar punya otot ini? Kalau enggak, ada cara sederhana untuk merasakannya. Ketika kamu buang air kecil, cobalah untuk menghentikan urin yang keluar tersebut. Kalau gampang menghentikannya, berarti otot-otot dasar panggul kamu cukup kuat. Yang perlu kamu ingat, satu-satunya cara untuk meningkatkan kontraksi otot dasar panggul, adalah secara rutin melakukan latihan.

Melatih otot panggul prinsipnya hanya melatih mengisolasi gerakan otot. Contoh, mencoba menghentikan dan memulai pengeluaran urin dengan cara mengatur kontraksi otot dasar panggul. Nah, meski otot dasar panggul berhubungan erat dengan kualitas kehidupan seksual kamu dan pasangan, tapi melatih otot panggul ini cuma sebagian kecil dari latihan kebugaran seksual.

Namun, menurut penelitian hubungan antara kondisi otot dasar panggul dan kemampuan orgasme enggak bisa dipungkiri. Pendek kata, semakin kuat kontraksi otot dasar panggul kamu, semakin nikmat juga kehidupan seksual kamu dan pasangan.  

Cegah Ejakulasi Dini

Ada hal menarik dari melatih otot panggul lewat kegel untuk pria. Menurut ahli, latihan kegel bisa memperbaiki fungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Namun, enggak segampang itu hasilnya bisa kamu dapatkan. Sebab kamu mesti melakukannya secara rutin dan bertahap. Untungnya, latihan kegel ini cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan saja.

Untuk pria,  bisa melakukan latihan kegel ini gampang kok. Kamu bisa melakukan dengan kontraksi otot seperti sedang menahan buang air kecil. Latihan untuk menguatkan otot PC ini, caranya bisa dengan mengulangi gerakan seperti menahan buang air kecil, tahan, lalu lepaskan. Lakukan dengan durasi beberapa detik, lalu tingkatkan lebih lama 10 detik, misalnya.

Menurut penelitian dalam Pelvic Floor Exercises for Erectile Dysfunction, dengan melakukan latihan kegel tiga bulan secara bertahap, disfungsi ereksi dapat teratasi. Mengagumkan, bukan? Jadi, secara enggak langsung, langkah sederhana lewat latihan kegel bisa menjadi langkah awal untuk menjaga hubungan seksual kamu dengan pasangan tetap berkualitas.

Nah, agar aman dan hasilnya lebih maksimal, sebaiknya latihan ini dilakukan dengan program yang disusun secara ilmiah dari konsep fisiologi olahraga dan seksologi. Kalau kamu butuh saran terlebih dahulu dari dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.