27 April 2018

Membangun Komunikasi Awal dengan Anak Down Syndrome

Membangun Komunikasi Awal dengan Anak Down Syndrome

Halodoc, Jakarta — Merawat anak down syndrome merupakan tantangan tersendiri. Perkembangan kemampuan berbicara, berbahasa, dan berkomunikasi anak dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk kontrol otot, kesehatan, kemampuan belajar, penglihatan, pendengaran, dan pengalaman komunikasi. Beberapa anak dengan down syndrome berhasil mengucapkan kata pertama mereka pada usia 13 bulan, sedangkan yang lain mungkin sampai 36 bulan.

Dalam merawat anak down syndrome, orang tua bisa membantu anak dengan aktivitas komunikasi awal. Jika diperlukan, orang tua bisa melakukan terapi bicara dan bahasa kepada anak. Terapi bicara ini bisa dilakukan saat anak berusia 9 bulan atau 1 tahun.

Dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah beberapa ide komunikasi awal dengan anak yang bisa dilakukan:

  • Mendengarkan. Ajaklah anak berbicara. Biarkan dia mendengarkan kamu berbicara dan perdengarkan juga musik atau nyanyian lagu anak-anak untuknya.
  • Melihat. Ajak anak bermain untuk melihat sesuatu dengan menggunakan mainan, buku cerita, lampu, atau dengan melihat diri mereka sendiri di cermin. Kamu bisa menarik perhatian si kecil agar melihat dirimu lewat ekspresi wajah, menarik wajah, membuat suara lucu, bernyanyi, tersenyum, dan berbicara.
  • Permainan. Ajaklah anak bermain yang melibatkan tubuh mereka, seperti rock-a-bye baby, the little piggy, peek-a-boo, atau waving bye bye
  • Bersenang-senang. Anak-anak senang berada bersama keluarga dan teman, dicium, dipeluk, dipijat, dan diajak tertawa. Ini membuat mereka merasa berharga dan dicintai.

Komunikasi awal ini bisa merangsang mereka belajar berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Namun, jika ibu masih bingung mengenai cara membangun komunikasi dengan anak down syndrome atau merawat anak down syndrome, ibu bisa bertanya kepada para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, ibu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.