14 May 2018

Mengapa Pengobatan Dini Hidradenitis Supurativa Penting?

Mengapa Pengobatan Dini Hidradenitis Supurativa Penting?

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk mendiagnosis hidradenitis supurativa sedini mungkin. Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu mengurangi rasa sakit emosional dan fisik yang disebabkan oleh kondisi tersebut.

Hidradenitis supurativa adalah penyakit kulit jangka panjang yang menyebabkan benjolan dan peradangan di bawah kulit di dekat kelenjar keringat. Penyebab hidradenitis supurativa adalah pembengkakan akibat penyumbatan kelenjar keringat dan folikel-folikel rambut.

Ciri Hidradenitis Supurativa

Untuk mendiagnosis hidradenitis supurativa, dokter biasanya mencari:

  • Benjolan di bawah kulit
  • Benjolan yang terjadi di lipatan kulit atau area tubuh dimana kulit saling bergesekan, seperti ketiak, di bawah payudara atau di antara pantat
  • Benjolan yang telah ada selama enam bulan atau lebih

Namun, sayangnya, hidradenitis supurativa sering salah didiagnosis sebagai bisul (furuncles), yang juga menampilkan benjolan yang menyakitkan di bawah kulit. Beberapa orang dengan hidradenitis suppurativa bahkan perlu menunggu bertahun-tahun sebelum kondisinya berhasil didiagnosis dengan benar.

(Baca juga: Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Supurativa?)

Mengobati Hidradenitis Supurativa

Bagimana dengan pilihan pengobatannya? Sebenarnya tidak ada obat untuk hidradenitis supurativa. Namun pilihan pengobatan bisa disesuaikan dengan tujuan pengobatan, seperti:

  • Mencegah lesi baru terjadi
  • Mengobati nodul dengan cepat untuk mencegah pembentukan terowongan yang menghubungkan beberapa nodul di bawah kulit
  • Menghilangkan nodul dan mengurangi jaringan parut

Selanjutnya, pengobatan akan dilakukan dengan perawatan berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat keparahan kondisi dan gaya hidup. Perawatan bisa meliputi:

  • Obat topikal dan oral, termasuk antibiotik dan obat-obatan yang berasal dari vitamin A (retinoid)
  • Operasi rawat jalan minor untuk menguras nodul dan membantu mencegah terbentuknya benjolan baru di area yang sama
  • Pembedahan ekstensif untuk kasus yang rumit

Selama masa perawatan, hal paling penting yang harus dilakukan adalah perubahan gaya hidup, seperti:

  • Berhenti merokok. Merokok bisa memperburuk gejala hidradenitis supurativa.
  • Menurunkan berat badan. Penurunan berat badan bisa mengurangi aktivitas hormonal yang mempengaruhi hidradenitis supurativa. Penuruan berat badan juga mengurangi gesekan kulit yang bisa memperburuk gejala.
  • Melakukan diet khusus seperti tidak mengkonsumsi susu dan makanan olahan susu. Diskusikanlah dengan dokter tentang rencana diet kamu ini.

(Baca juga: 5 Makanan Pengganti Produk Susu untuk Orang Dewasa)

Untuk diet yang tepat bagi pengidap hidradenitis supurativa, kamu juga bisa bertanya kepada dokter melalui layanan video/voice call atau chat di aplikasi Halodoc. Para dokter akan membantu kamu menemukan diet yang tepat.

Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa bertanya kepada dokter tentang penyebab hidradenitis supurativa dan perawatannya. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat dan vitamin lewat layanan Apotek Antar lho. Serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.