06 June 2017

Mengenal Penyakit Alzhaimer, Penyebab dan Ciri-Cirinya

Mengenal Penyakit Alzhaimer, Penyebab dan Ciri-Cirinya

Halodoc, Jakarta –  Alzheimer, penyakit yang menyerang kesehatan psikis seseorang ini tergolong cukup berbahaya. Pengertian alzheimer adalah kondisi kelainan yang ciri utamanya ditandai dengan penurunan daya ingat. Penurunan daya ingat ini bahkan tergolong drastis. Kamu pernah menonton film The Notebook? Film beralur mundur ini menceritakan penyakit alzheimer yang diderita Allie saat uisanya menginjak 80 tahun. Karena penyakit tersebut, Noah sang suami harus selalu membacakan kisah perjalanan cinta mereka setiap hari, demi merangsang ingatannya.

Selain penurunan daya ingat, pengertian alzheimer dalam hal ini ternyata juga mempengaruhi batas normal kelakuan pengidap. Hal ini disebabkan adanya gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Penyakit ini tentu sangat beresiko, apalagi sebagian besar pengidap alzheimer adalah wanita. Maka itu, kenali lebih dalam penyebab dan ciri alzheimer berikut untuk mencegahnya.

Alzheimer, Apa Penyebabnya?
Setelah mengetahui pengertian Alzheimer, pertanyaan selanjutnya yang muncul sudah pasti soal penyebab. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer, di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, berjenis kelamin wanita, berusia di atas 65 tahun, memiliki orang tua atau saudara kandung yang sakit Alzheimer, memiliki riwayat penyakit jantung, dan pernah mengalami luka berat di kepala.

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer
Pada fase awal, seseorang yang terkena penyakit Alzheimer biasanya akan terlihat mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain. Diikuti dengan ciri-ciri lainnya yang meliputi:

1.  Perubahan Suasana Hati
Pengidap penyakit Alzheimer akan tampak lebih cemas dan gelisah. Perubahan suasana hatinya yang cepat membuat pengidap juga mudah meluapkan amarahnya secara tiba-tiba. Sedangkan munculnya agitasi merupakan hasil dari rasa takut, bingung, kelelahan dan kewalahan untuk mencoba memahami dunia yang sudah tidak masuk akal menurutnya. Selain itu perubahan suasana hati yang cepat terjadi dan tidak beralasan bisa terjadi.

2.  Gangguan Perilaku
Ciri selanjutnya dari pengidap Alzheimer adalah gangguan perilaku yang sering  di luar batas normal, seperti membuat keputusan konyol, salah menggunakan pakaian, atau bertingkah layaknya anak kecil. Pengidap biasanya juga mengalami kesulitan dalam mengatur hal yang bersangkutan dengan uang, karena daya berpikirnya yang kian menurun.

3.  Kehilangan Memori
Salah satu ciri yang membuat alzheimer cukup membahayakan pengidapnya adalah memory loss (kehilangan memori). Setiap orang mungkin saja melupakan suatu percakapan secara rinci, tapi orang dengan Alzheimer akan melupakan apa yang baru saja terjadi atau diucapkannya. Hilangnya ingatan ini tidak konsisten, dalam arti bisa saja hari ini lupa, namun keesokan harinya ingat lagi.

4.  Mengulangi Tindakan/Ucapan
Mengulang kata-kata, pertanyaan atau kegiatan merupakan ciri khas dari seseorang yang mengidap penyakit Alzheimer. Terkadang perilaku ini dipicu oleh kecemasan, kebosanan, dan rasa takut pada lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dilakukan pengidap semata-mata agar dirinya merasa nyaman.

5.  Delusi dan Paranoia
Pada beberapa orang yang mengidap Alzheimer, mereka mungkin akan mengalami kecurigaan yang tampak irasional. Misalnya halusinasi untuk melihat, mendengar, mencium atau merasakan sesuatu yang tidak ada. Kecurigaan yang berlebihan ini bisa membuat seseorang menjadi agresif secara fisik atau verbal.

Dengan mengetahui pengertian Alzheimer beserta penyebab dan ciri-cirinya, kamu pun bisa mengantisipasi datangnya penyakit tesebut sejak dini. Selain itu, diskusikan lebih lanjut apapun tentang pengertian Alzheimer dan penyakit lainnya melalui aplikasi Halodoc. Halodoc akan menghubungkan kamu dengan ribuan dokter spesialis yang siap menjawab segala keluhan kesehatan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!