24 April 2018

Mengenali Lawan Bicara yang sedang Berbohong

Mengenali Lawan Bicara yang sedang Berbohong

Halodoc, Jakarta – Menghadapi seseorang yang sering menyembunyikan sesuatu alias berbohong memang menyebalkan dan cukup menyulitkan. Entah karena alasan apa, tetapi kebiasaan menutupi sesuatu pada lawan bicara memang cukup sering dilakukan seseorang.

Berita buruknya, untuk mengetahui seseorang sedang berbohong tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin sama sekali. Nyatanya, saat seseorang sedang berbohong, ia mungkin akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. hal yang paling sering digunakan untuk mendeteksi kebohongan dari lawan bicara adalah kontak mata. Seseorang yang sedang mengatakan kebohongan akan merasa tidak nyaman dan menghindari kontak mata.

(Baca juga: Karakter yang Bikin Dijauhi Banyak Orang)

Namun, terkadang tanda yang ditunjukkan oleh bagian tubuh yang satu ini tidak terlalu jelas. Selain kontak mata, seseorang yang sedang berbohong biasanya juga akan menunjukkan beberapa bahasa tubuh yang berbeda. Agar tidak dibohongi, perhatikan beberapa tanda di bawah ini untuk mengetahui apakah lawan bicara sedang berbicara jujur atau malah tengah mengatakan kebohongan. Apa saja?

 

  • Cenderung Membungkuk

 

Salah satu tanda lawan bicara yang sedang berbohong digambarkan lewat postur tubuh. Lawan bicara yang sedang berbohong cenderung membungkukkan tubuh saat sedang berbincang. Hal itu dilakukan sebagai pertahanan.

Orang yang sedang berbohong sering secara tidak sadar menunjukkan postur yang tidak disadari. Sejumlah ahli menyebutkan bahwa membungkuk selama berbicara menunjukkan seseorang tengah berusaha melindungi diri. Sebaliknya, jika lawan bicara menunjukkan postur yang terbuka, artinya ia sedang mengatakan yang sejujurnya.

 

  • Gerakan yang Tidak Biasa

 

Mengenali lawan bicara yang sedang berbohong juga bisa dilakukan dengan memperhatikan gerak tubuh yang terlihat tidak biasa. Sebab, orang yang sedang mengatakan kebohongan biasanya akan melakukan banyak gerakan tubuh yang tidak perlu, bahkan cenderung berlebihan.

Hal itu seringnya dilakukan sebagai usaha untuk menutupi kebohongan agar tidak terbaca oleh lawan bicara. Nah, kamu bisa mengetahui apakah lawan bicara sedang jujur atau tidak dengan cara ini. Perhatikan, jika ia terlalu banyak melakukan gerakan yang tidak biasa, sebaiknya jangan terlalu memercayai apa yang sedang dibicarakan. Gerakan aneh tersebut dilakukan untuk menenangkan diri, misalnya menyentuh wajah, menggosok dahi, atau sekadar gerakan tangan yang tidak memiliki arti.

Namun dalam beberapa kasus, orang yang tengah berbohong justru melakukan gerakan secara hati-hati agar tidak dicurigai. Seperti memegang tangan, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah yang dilakukan tidak terlalu banyak.

 

  • Gerak Tubuh yang Tidak Kompak

 

Ciri pembohong lainnya adalah sering melakukan gerakan tubuh yang tidak kompak selama berbincang. Contohnya, menggelengkan kepala saat berkata “iya” atau saat menyatakan sesuatu benar. Hal itu merupakan satu ciri nyata bahwa lawan bicara kamu sedang mengatakan kebohongan.

Selain itu, kalimat-kalimat dan ucapan yang dikeluarkan pun seringnya tidak konsisten. Lawan bicara yang sedang berbohong juga akan “bersembunyi” dari kontak mata atau tekanan tertentu. Sebab, kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim.

Selain memperhatikan tanda yang ditunjukkan oleh lawan bicara, kamu juga harus percaya pada diri sendiri. Jika memang sulit yakin dan merasa perkataannya mencurigakan, jangan terlalu cepat percaya dan carilah sumber lain untuk mengetahui fakta dari hal tersebut.  

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Dengan Halodoc, kamu bisa lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan juga rekomendasi beli obat dan tips untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!