Mengidap Tumor Tulang, Apakah Bisa Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Mengidap Tumor Tulang, Apakah Bisa Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta – Banyak gejala penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi demam. Namun, jangan sepelekan demam yang berkepanjangan dan disertai nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Baca juga: Apakah Tumor Tulang Termasuk Penyakit yang Berbahaya?

Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya adalah penyakit tumor tulang. Mendengar kata tumor pasti membuat kamu memiliki perasaan cemas dan takut terhadap kesehatan kamu.

Namun jangan khawatir, penyakit tumor tulang yang diketahui sejak dini akan mempermudah pengobatan yang akan dilakukan. Tidak ada salahnya untuk ketahui tanda lain dan pengobatan untuk penyakit tumor tulang.

Bisakah Tumor Tulang Disembuhkan?

Tumor tulang adalah kondisi tumbuhnya massa jaringan akibat adanya sel pada tulang yang tumbuh tidak terkendali. Umumnya, tumor yang muncul pada tulang merupakan jenis tumor yang ringan dan tidak dapat menyebar. Selain itu, tumor tulang yang masuk dalam kategori ringan tidak akan berkembang menjadi sel kanker.

Tumor tulang umum terjadi tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga memiliki potensi yang sama. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicu seperti kondisi cedera tulang, overdosis penggunaan terapi radiasi, riwayat keluarga dengan penyakit serupa, dan kondisi penyebaran sel abnormal dari organ satu ke organ yang lain dalam tubuh yang dikenal sebagai metastasis.

Pada kasus tumor tulang yang masih dalam kategori ringan, kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika ada tanda-tanda tumor berkembang menjadi tumor yang ganas, maka diperlukan beberapa tindakan untuk mengatasi kondisi tumor tulang, seperti tindakan bedah atau operasi. Setelah melakukan operasi, pengidap tumor tulang dianjurkan untuk rutin lakukan pemeriksaan agar tumor tulang tidak muncul dan dapat disembuhkan.

Baca juga: Anak Idap Tumor Tulang, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Namun, untuk tumor tulang yang masuk dalam kategori ganas, tidak ada salahnya untuk lakukan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi. Pengobatan dilakukan berdasarkan tingkat keparahan dari tumor tulang yang ganas. Mengangkat bagian tulang yang mengalami tumor ganas menjadi pilihan pengobatan.

Jika kondisi ini sudah berubah menjadi lebih parah atau kanker maka tindakan amputasi bagian yang mengalami tumor ganas menjadi pilihan pengobatan yang lain. Beberapa tindakan lain seperti kemoterapi dan terapi radiasi juga bisa dilakukan.

Gejala Dini untuk Penanganan Tumor Tulang

Sebaiknya ketahui beberapa gejala yang dialami oleh pengidap tumor tulang agar kamu dapat melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter secara online melalui aplikasi Halodoc.

Umumnya, pengidap tumor tulang mengalami rasa nyeri pada bagian tubuh yang mengalami pertumbuhan tumor pada bagian tulang. Seiring meningkatkan aktivitas, rasa nyeri yang dialami biasanya semakin parah, khususnya pada malam hari.

Kondisi nyeri disertai pembengkakan yang terjadi pada area tubuh yang mengalami tumor tulang. Pengidap tumor tulang juga rentan mengalami kondisi demam dan berkeringat yang cukup berlebih pada malam hari. Adanya tumor tulang menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh sehingga pengidap tumor tulang rentan alami patah tulang atau cedera tulang meskipun aktivitas fisik yang dilakukan tergolong ringan. 

Baca juga: 5 Jenis Tumor Tulang Jinak yang Perlu Diketahui

Pemeriksaan seperti tes darah, tes urine, biopsi, dan foto rontgen membantu untuk memastikan penyebab gejala yang dialami. Pengobatan yang dilakukan lebih dini membantu untuk membuka peluang untuk sembuh lebih besar. Sehingga tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan ketika mengalami gejala dari penyakit tumor tulang.

 

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2019. Bone Tumors
Healthline. Diakses pada 2019. Bone Tumors